belajar reported speech dalam bahasa inggris

belajar bahasa inggris reported speech, direct quoted

Naahhh agan2 sekalian saya akan menjelaskan tentang tata cara report speech di bahasa inggris, ini sangat diperlukan ketika anda berbicara dengan orang inggris asli. Reported speech yang juga dikenal dengan indirect speech adalah lawan dari direct speech atau quoted speech. Sebelum melangkah lebih jauh tentang report speech, ada baiknya anda mempunyai pemahaman tentang tenses terlebih dahulu. Jika anda belum mahir tenses silahkan lihat di tenses lengkap Bahasa inggris. Baik jika anda sudah mempunyai pemahaman yang baik tentang tenses, silahkan baca lanjutannya.


Report speech digunakan ketika kita ingin menyampaikan perkataan seseorang yang memberikan permintaan permohonan, nasehat dan banyak lainnya, yang telah terjadi di masa lalu. Nah ketika anda ingin mengatakan kembali perkataan orang yang berkaitan tentang nasehat atau permintaan tadi diwaktu sekarang itulah yang dinamakan report speech. Jika masih bingung intinya seperti ini
Report speech kurang lebih bisa dikatakan penyampaian berita masa lalu yang tidak sama persis seperti perkataan aslinya contoh:

Perkataan asli (quoted speech): Andri berkata " maukah kamu membawa laptop ke rumah saya"
Perkataan reported speech : Andri meminta saya untuk membawakan laptop kerumahnya

Nah sudah jelas bukan terlihat perbedaan reported speech dengan perkataan asli dari si andri. Begitulah kira-kira pemahaman tentang reported speech


Beralih tentang kegunaannya, reported speech terdiri dari banyak fungsi contoh penggunaan report speech antara lain dalam perkataan nasehat, peringatan, permintaan, larangan dll. Lengkapnya silahkan lihat list dibahwah:
- advise someone to
- ask someone to
- encourage someone to
- invote someone to
- order someone to
- permit someone to
- remind someone to
- tell someone to
- warn someone to

Berikut ini saya berikan contoh perubahan reported speech dalam Bahasa inggris.

quoted speech contohnya:
1. Andri said, "Can you bring laptop to my home"?
2. Andri said, "Please bring laptop to my home".

Jadi dari ketika kalimat diatas kita dapat membuat reported speech kurang lebih seperti ini:

Andri asked me to bring laptop to his home

Contoh lainnya adalah dulu dosen anda pernah berkata seperti ini:

My lecturer said, "I think you should study harder than before"
My lecturer said, "Please study harder than before"

jadi untuk kedua kalimat diatas kita dapat mengambil kesimpulan untuk keduanya karena itu termasuk nasehat dari dosennya maka kalimat reported speech nya bias menjadi

My lecturer advised me to study harder

Mengapa sebelummnya saya menekankan pada penguasaan tenses, karena dalam perpindahan dari direct speech ke reported speech terjadi perubahan grammar diantaranya:

1. present tense menjadi past tense
    present continuous menjadi past continuous

2. present perfect menjadi past perfect
    future menjadi past future

3. past tense menjadi past perfect
    past continuous menjadi past perfect continuous

Dan masih banyak kata lainnya yang harus diubah kedalam bentuk past seperti kata will jadi would, may jadi might, can jadi could, dll. Intinya adalah penguasaan tenses. Tentunya saat anda menguasai tenses ini tidak akan sulit. Mengenai perubahannya silahkan lihat contoh diatas yang sudah saya berikan. Perhatikan bentuk kalimatnya yang berbentuk past.

Jika ada pertanyaan tentang penggunaan report speech atau indirect speech silahkan tuliskan saja di komentar. Saya menyarankan jika anda masih sulit memahami Bahasa inggris silahkan lihat cara mudah belajar Bahasa inggris mungkin bisa membantu.

Nahh demikian penjelasan dari saya tentang cara membuat kalimat reported speech atau indirect speech beserta contohnya, semoga dapat membantu okay :-D

Artikel Terkait

Previous
Next Post »