10 macam sumber energi listrik

6/27/2012



Sudah lama rasanya saya tidak menulis tentang ilmu pengetahuan di blog ini, akibat kesibukan kuliah sehingga akhir akhir ini saja sudah sedikit jarang update di blog, sehingga pada waktu senggang ini saya menyempatkan diri untuk berbagi sedikit ilmu pengetahuan kepada sobat sobat semua tentang beberapa macam sumber sumber yang dapat dijadikan sebagai energi listrik. Nah setiap sumber masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tanpa basa basi lagi berikut adalah beberapa sumber sumber yang dapat dijadikan sebagai energi listrik.....


1. Nuklir













Nuklir merupakan sebuah sumber energi yang sangat dahsyat, nuklir memiliki berbagai fungsi, ada yang menggunakannya sebagai pembangkit listrik ada juga yang memanfaatkannya sebagai senjata pembunuh masal. Keuntungan dari menggunakan nuklir adalah nuklir tidak menghasilkan asap yang dapat merusak lingkungan, dan hanya menggunakan sedikit bahan nuklir dapat menghasilkan energi yang besar, tetapi dibalik itu semua nuklir memiliki kelemahannya yaitu apabila terjadi kecelakaan atau kebocoran dari reaktor nuklir maka akan terjadi bencana yang sangat besar akibat zat yang bernama radio aktif yang dapat membunuh umat manusia, oleh karena itu perlu perhatian yang cukup serius untuk menggunakan nuklir ini.


2. Minyak












Pembangkit listrik tenaga diesel yaitu yang menggunakan minyak sebagai bahan bakar adalah pembangkit listrik yang umumnya banyak di Indonesia. Bagaimana tidak minyak dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia yang mana kaya akan sumber daya alamnya, tetapi sayangnya pembangkit ini menyebabkan asap yang dapat menyebabkan polusi udara, dan walaupun sekarang minyak masih banyak tetapi kita juga harus ingat minyak merupakan sumber alam yang tidak bisa diperbaharui jadi alangkah baiknya jika kita menggunakan sumber listrik alternatif lainnya.



3. Angin















Menggunakan pembangkit ini bisa dikatakan suatu hal yang tidak membutuhkan suatu bahan bakar, karena sebagai mana yang kita ketahui angin itu gratis.. Tetapi untuk menggunakan pembangkit ini diperlukan daerah luas yang memiliki angin yang kencang, selain itu dibutuhkan banyak turbin untuk menghasilkan listrik yang cukup, dan juga terkadang apabila angin tidak bertiup dengan kencang maka energi listriknya pun kecil.



4. gelombang











Energi ini memanfaatkan kekuatan ombak jadi dengan menggunakan ini tentu tidak menimbulkan polusi udara, yang dibutuhkan hanyalah biaya untuk membangun reaktornya, tetapi kekurangannya juga sama seperti energi angin ombak terkadang deras, terkadang lemah jadi hasil listrik yang diperoleh tidaklah stabil.



5. Batu Bara












Dengan batu bara kita dapat menghasilkan energi listrik, terlebih lagi batu bara sangat mudah ditemukan, walaupun begitu untuk mendapatkan batu bara perlu membuat lubang yang sangat besar yang mana memakan tempat dan biaya, selain itu pembakaran batu bara menghasilkan asap yang merusak lingkungan.




6. Panas bumi













Tahukah kalian dengan mengandalkan panas bumi kita juga bisa menjadikannya sebagai sumber energi, kelebihan dari menggunakan energi ini adalah panas bumi tidak akan pernah habis, berbeda dengan minyak dan batu bara. Tetapi sayangnya tidak banyak tempat yang dapat dibangun pembangkit listrik jenis ini.




7. Tenaga matahari












Dengan mengandalkan tenaga matahari kita dapat merubahnya menjadi sumber listrik, ini juga merupakan energi yang tak terbatas, hanya sayangnya untuk membangun reaktor ini dibutuhkan biaya yang sangat mahal, dan selain itu apabila cuaca berawan atau mendung makan tidak ada energi yang diterima.



8. Energi pasang surut















Ini juga merupakan penghasil energi yang tidak ada habisnya dan tidak menghasilkan polusi udara, tetapi kekurangannya adalah pasang surut hanya terjadi dua kali sehari dan hanya pada waktu itulah energi dihasilkan, selain itu ini juga berakibat terganggunya ekosistem bawah laut.



9. Hidro elektrik













Hidro elektronik atau lebih sering disapa dengan energi bendungan yang memutar turbin ini juga jenis energi yang tidak terbatas, yangmana dengan memanfaatkan air di bendungan untuk memutar turbin, tetapi ini sangat beresiko jika terjadi hujan lebat yang dapat menimbulkan banjir besar, selain itu apabila kondisi sedang kemarau kekuatan air pun tidak mampu untuk memutar turbin.



10. Biomass












Dengan memanfaatkan tanaman biomass ini kita dapat menghasilkan energi listrik, selain itu tanaman ini dapat kita perbaharui dengan menanamnya kembali sehingga dia tidak akan habis, tetapi dengan membakar tanaman ini maka akan menghasilkan polusi besar besaran dan kita tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membangun kebun tanaman ini.




Nah itulah beberapa sumber energi energi listrik, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

18 komentar:

  1. terima kasih atas artikel ini sangat bermanfaat
    saya sedang mencari ini.
    terima kasih sudah share :D



    #Salam Sehat Selalu

    BalasHapus
  2. windmill and solar energy is the best way to curb pollution. government should provide more energy sources from those renewable energy

    BalasHapus
  3. Energi matahri sudah gembar gembor dari dulu tapi baru skrng2 ini muncul energi lampu jalan yg menggunakan solar energy. tapi gapapa telat dr pada nggak kan?

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
  4. onlyx-45: iya gan senang bisa membantu terima kasih telah berkunjung

    Lawrence: ya use renewable energy it is the best idea, i agree for that

    dimas geel: iya gan paling tidak sekarang kita sudah bisa sedikit menghemat minyak dan hasil bumi lainnya, energi matahari selain gak ada habisnya juga gak menimbulkan polusi, terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  5. di indonesia belum banyak ya..
    apa lagi nuklir ini. bocor dikit jutaan jiwa melayang..

    BalasHapus
  6. Wah wah,,, mantebs dah...
    Mari indonesia juga harus bisa memanfaatkan sumber energi listrik dari alam... :)
    Salam bLogger,

    BalasHapus
  7. you were one of the awardee in the versatine blogger award bro. check my blog post.

    congrats

    BalasHapus
  8. vmediakom: iya gan klo nuklir butuh perawatan khusus juga teknisi yang berpengalaman karena klo bocor yang hancur negara kita,

    sang pembelajar: ya gan, saat ini indonesia masih sering menggunakan energi diesel gan, semoga kedepannya di indonesia juga banyak menggunakan energi listrik lainnya yang lebih bersahabat dengan lingkungan

    BalasHapus
  9. Wahh ternyata banyak ya sumber energi listrik tapi yang ramah linkungan cuman beberapa dan belum belum di kelola dengan baik

    sambil foloow nie sob#11
    di tunggu nie folow baliknya makasi
    salam sejahtera

    BalasHapus
  10. iya gan mudhan2 kita segera pindah ke yang ramah lingkungan, supaya lebih bersahabat dengan alam

    iya gan ntar di followback thanks udah follow ya

    BalasHapus
  11. Makasi nie Sob udahh Folow Balik

    Sukses selalu buat sobat

    BalasHapus
  12. wah, sangat berguna untuk saya! terimakasih telah menulis

    BalasHapus
  13. harusnya indonesia bisa lebih banyak memanfaatkan energi surya sebagai sumber listrik, secara indonesia kalo siang gak ujan, panasnya minta ampun...

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. makasih untuk artikelnya sangat membantu. :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama terima kasih sudah berkunjung :D

      Hapus
  16. masih banyak sumbernya gan .
    magnet juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya gan,
      Mengenai magnet apa memang magnet sudah dapat menghasilkan energi sendiri gan? karena setau ane magnet menghasilkan listrik kalau digerakkan, seperti magnet yang ada pada turbin air maupun angin. Atau mungkin sudah ada penemuan terbaru lagi ni gan?

      Hapus


EmoticonEmoticon