menjaga telinga dari bahaya headset



Headset, earphone, headphone, handsfree atau sejenisnya adalah alat bantu yang digunakan untuk mendengarkan suara yang  secara langsung menempel di telinga. Ternyata penggunaan yang salah dapat menyebabkan menurunnya kemampuan mendengar sementara atau bahkan bisa menjadi tuli permanen. Tentu ini sangat berbahaya terhadap kesehatan kita terlebih lagi telinga merupakan panca indra yang sangat penting untuk kehidupan sehari hari. Nah berikut ini ada beberapa tips agar penggunaan headset menjadi lebih aman:

1. Jangan menggunakan headset atau earphone di ruang bising atau tempat yang ramai karena hal ini akan mendorong anda untuk memperbesar volume suara yang seharusnya tidak anda lakukan di ruangan normal.

2. Tempelkan headset seadanya pada telinga jangan memakai headset yang memiliki katup penutup karet di ujungnya yang membuat telinga anda menjadi kedap

3. Jangan pernah menyetel volume suara pada tingkat maksimum usahakan suaranya dibawah 70 desibel atau gunakan volume sekitar 50% saja.

4. Jangan terlalu lama mendengar headphone anda, usahakan untuk tidak lebih dari 1 jam dan biarkan telinga anda beristirahat sejenak agar organ koklea telinga anda tidak kelelahan.

5. Jangan menggunakan headset ketika anda ingin tidur karena bahaya jika anda sampai ketiduran dan lupa untuk mematikan headset anda, sehingga anda akan mendengarkannya dalam waktu yang sangat lama.

6. Pastikan headset anda berstandar CE



Nah demikian beberapa tips agar aman ketika memakai headset, ingat untuk efek jangka panjang tips di atas tidak berlaku oleh karenanya ada baiknya untuk anda mencegah penggunaan earphone atau headset, kecuali pada keadaan yang mendesak.

semoga bermanfaat


image source: alibaba.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »