penyebab gagal dalam ujian



Jika anda adalah seorang pelajar pasti sudah sering menghadapi ujian. Pasti anda bertanya tanya apa penyebab anda tidak lulus atau gagal dalam ujian. Ujian atau tes yang diberikan oleh guru atau petugas ujian sebenarnya semua itu bisa anda jawab dengan mudah. Sadarkah anda bahwa materi yang keluar dalam ujian merupakan sesuatu hal yang sudah anda pelajari sebelumnya? Jika di pikir pikir sebenarnya anda sangat mudah untuk menjawab soal-soal tersebut. Tetapi pertanyaanya adalah mengapa anda bisa gagal dalam ujian, Nah berikut ini adalah penyebab penyebab mengapa nilai ujian anda tidak sesuai dengan yang anda harapkan, dan ini dapat kalian gunakan untuk mengintrospeksi diri kalian sendiri..
Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Anda tidak mempelajari dengan serius apa yang telah disampaikan sebelumnya oleh guru, tidak mungkin seorang guru memberikan soal ujian yang tidak pernah di bahas sebelumnya, jika memang guru anda seperti itu berarti itu bukan salah anda melainkan salah guru anda yang memberikan materi yang tidak pernah dibahas sebelumnya.

2. Jarang latihan menjawab soal. Seperti layaknya seorang pemain basket yang selalu latihan melempar bola berulang-ulang ke dalam ring, maka ia akan sangat mudah memasukkan bola tersebut ke dalam ring, begitu juga dalam menjawab soal, konon orang yang lebih sering latihan menjawab soal akan lebih mudah dibandingkan orang yang tidak, karena ketika menjawab soal orang yang sering latihan akan mendapatkan emosi yang stabil, pikiran yang fokus, dan beberapa trik-trik tersendiri.

3. Malas belajar, Untuk hal yang satu ini tentu semua orang sudah mengetahuinya saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi.

4. Terlalu gugup, seperti layaknya seorang atletik, seorang petarung yang lebih santai ketika bertarung akan sulit untuk dikalahkan, begitu juka ketika sedang menghadapi ujian. Lakukanlah dengan santai tetapi serius, karena perasaan gugup akan dapat mengganggu dan mengurangi konsentrasi.

5. Menganggap remeh, Jangan pernah menganggap remeh dengan soal, walaupun mudah lakukanlah dengan sungguh-sungguh apalagi terkadang soal yang mudah itu ternyata memiliki banyak jebakan-jebakan, ingat manusia tidak akan pernah luput dari kekeliruan dan kekhilafan, oleh karena itu selalu tanggapi semua soal dengan serius untuk mencegah anda dari kesilapan walau pun itu mudah.

Nah itulah hal-hal yang menyebabkan anda gagal dalam ujian, Lakukanlah yang terbaik dengan diiringi doa kepada tuhan.Kita manusia hanya dapat melakukan yang terbaik, urusan hasil bukan kita yang menentukannya.

semoga sukses



image source: http://swaraguru.files.wordpress.com

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
December 23, 2012 at 9:32 AM ×

nah, sebisa mungkin sih jangan sampai gugup dan terlalu dibawa stres kalau akan mau menghadapi ujian :)

Reply
avatar