Teknik menebak kata bahasa inggris

Teknik menebak kata ini sangat sangat dibutuhkan. Apalagi sewaktu kita sedang membaca sebuah karangan. Sungguh tidak mungkin jika kita menghafal seluruh kata dalam bahasa inggris. Jangankan kita, orang Inggris pun pasti tidak mungkin hafal seluruh kosakata bahasa Inggris tersebut. Oleh karena itu teknik menebak ini sangatlah penting. Dalam reading  sangatlah banyak soal-soal yang memaksa kita untuk menebak kata contohnya begini...

The people who want to connect to the internet have to buy anu. You can get it in the official dealer smartfren. There are many kind of anu such as zte, connect, etc. Nowaday anu is not expensive. Only for 200 rupiah you can get the anu. But if you have a lot of money you may buy the high technology of anu that  available to be wifi.

What does anu means?

Nah sangat sering timbul pertanyaan-pertanyaan yang mirip seperti soal di atas. Untuk menebaknya yang kita perlukan adalah memahami kalimat sebelum dan sesudah kata anu.
Perhatikan ini:

Orang yang ingin konek ke internet harus beli anu dulu
( wah untuk internet ni... )

Kamu bisa mendapatkannya di dealer smartfren
( mmm dealersmartfren mulai terlihat ni tebakan kita pasti antara pulsa atau modem...)

Sekarang anu tidak lagi mahal cukup 200 ribu aja udah dapat anu
( wah ni kaya a modem, klo pulsa 200 ribu pasti malah ya gak )

Tetapi jika punya uang lebih bisa beli anu yang juga bisa nge wifii
( wah tidak salah lagi ni pasti modem, soalnya pulsa gak mungkin yoo bisa nge wifi )

Jelas jawabannya adalah: modem

Nah dengan menggabungkan semua petunjuk tersebut kita bisa menebak nya dengan jelas seperti contoh di atas. Tidak hanya dengan cara itu. Dengan memahami fungsi dari unknown word ( kata yang  tidak diketahui ) apakah ia menggambarkan benda, kata kerja, atau kata sifat, kita juga dapat memahami kalimat tersebut contoh:

She was anu to you because you stole her wallet.

Nah melihat dari fungsi kalimat tersebut anu disana tentu adalah kata sifat. Karena
setelah was tidak mungkin kata kerja kecuali terlihat penambahan *ing yang mungkin bisa jadi progressive. Jika tidak ada tanda tanda dari progressive dapat kita ambil kesimpulan bahwa itu merupakan kata sifat. Maka jawaban yang cocok adalah marah, benci, ngambek dll.

I anu my room yesterday so it is clean now

Nah tidak ada kemunculan be verb (am/was) yang biasa digunkan untuk kata sifat nah melihat kalimat di atas bisa kita pastikan bahwa itu merupakan kata kerja. Maka jawaban yang cocok adalah cleaned.

I buy anu lifeboy yesterday. After that, I wash my hair with the anu and it makes foam on my hair.
Dapat dipastikan bahwa anu disini adalah kata benda tidak mungkin di kata sifat atau kata kerja digunakan apalagi setelahnya terlihat kata it yang mengungkapkan bahwa itu adalah benda. Selain itu tidak mungkin kata sifat dan kata kerja menghasilkan busa. Jadi anu disini adalah shampoo

Nah begitulah cara menebak kata dalam reading. Jadi tidak perlu untuk selalu membuka kamus. Apalagi untuk membuka kamus membutuhkan waktu yang lama. Selain itu pun jika kita membuka kamus fokus kita terhadap bahan reading akan menghilang. Sehingga kita akan sulit mendapatkan makna di dalam sebuah teks. Ingat dalam reading pemahaman sangat diutamakan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »