manfaat jambu biji bagi kesehatan

Jambu biji. Mengapa jambu ini diberi nama dengan jambu biji merupakan hal yang masih mystery, karena semua jambu memiliki biji. Atau mungkin karena bijinya yang terlalu banyak? yah bisa jadi..
Jambu biji atau dengan nama ilmiahnya psidium guajava atau dengan nama kampungannya jambu kelutuk dan nama kotanya guava memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Manfaat dan khasiat jambu biji atau jambu kelutuk ini berasal dari kandungan vitamin dan beberapa zat baik lainnya yang terdapat pada jambu biji. Hebatnya kandungan vitamin pada jambu biji mampu mengalahkan sang raja vitamin C yaitu jeruk. Kandungan vitamin C di jambu biji 2 kali lipat dibandingkan vitamin C pada jeruk yang hanya 48 mg di jeruk. Wah dengan jumlah vitamin C yang cukup banyak maka mengkonsumsi jambu biji berarti anda meningkatkan kualitas vitamin C di dalam tubuh anda. Dengan meningkatnya kadar vitaminC di dalam tubuh daya tahan tubuh kita pun menjadi kuat. Tidak hanya vitamin C, guava atau jambu biji ini juga memiliki vitamin A dan B kompleks yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah berikut ini adalah beberapa penyakit yang mampu disembuhkan dan manfaat lainnya dari si guava atau jambu kelutk ini.

1. Diare
Zat astringent pada jambu biji mampu membunuh bakteri penyebab diare. Tidak heran mengapa produk obat anti diare selalu berasalkan dari ekstrak jambu biji ini.

2. Demam berdarah
Ketika seseorang terkena demam berdarah tentu si dokter menyarankan si pasien untuk mengkonsumsi jambu biji. Ya kandungan vitamin C jambu biji yang sangat dahsyat mampu memulihkan dan mengembalikan ketahanan tubuh yang rusak akibat virus demam berdarah. Selain itu kandungan likopen yang terdapat pada jambu biji dapat meningkatkan kadar trombosit darah.


3. Menghilangkan keriput
Wah agar awet mudah ternyata perlumengkonsumsi jambu kelutuk ni. Zat astrinet pada jambu biji mampu melembutkan dan mengencangkan tekstur kulit sehingga dapat mencegah keriput dini.

4. Melancarkan sembelit
Ternyata setelah mampu menghilangkan diare jambu biji juga mampu menghilangkan sembelit. Kandungan serat seratnya mampu memperlancar proses yang terjadi di dalam pencernaan. Tidak diare tidak pula sembelit memang buah yang sangat menyehatkan. Selain itu serat, mineral, likopen, flavonoid dan zat antioksidan lainnya pada jambu biji juga mampu mencegah berbagai penyakit kanker.

5. Menyehatkan jantung
Jambu biji juga memiliki zat yang dapat menyehatkan jantung. Kandungan kalium dalam jambu biji mampu membuat jantung lebih rileks dan teratur dalam memompa darah dan jambu biji juga mampu menurunkan kadar darah tinggi pada penderita hipertensi.


Nah begitu banyak bukan manfaat dari buah jambu biji. Konsumsilah buah ini secukupnya agar memperkuat daya tahan tubuh, membuat kulit lebih kencang sehingga terlihat lebih mudah, dan berbagai manfaat lainnya.
Previous
Next Post »