cara belajar berenang

7/17/2013


Berenang merupakan suatu keahlian untuk bertahan di dalam air. Tentu keahlian ini sangat penting bagi kita, karena mungkin saja suatu saat kita akan berada di dalam air yang dalam, sehingga jika tidak berenang tentu kita akan tenggelam di dalam air. Tidak hanya itu untuk masuk ke instansi-instansi tertentu pun diwajibkan memiliki kemampuan berenang. Sayangnya manusia tidak seperti bebek yang mempunyai kemampuan berenang sejak lahir. Tetapi dibutuhkan latihan dan keuletan untuk menguasainya. Cara agar anda bisa berenang antara lain.

1. Sering sering main di kolam renang yang tempatnya dalam tetapi dekat dengan pinggiran. Kalau ingin cepat bisa berenang sebaiknya anda harus memberanikan diri ke tempat dalam. Karena kalau di tempat dangkal pasti yang dilakukan adalah berjalan sambil berenang. Tetapi ingat harus dekat dengan pinggiran agar bisa cepat ke tepi. Bila perlu ajak teman anda yang bisa berenang untuk mengawasi anda.


2. Jika anda punya uang lebih, anda dapat mengikuti les berenang yang akan ditemani oleh pelatih profesional, nah cara ini lebih cepat dan aman karena anda latihan sambil di awasi.


3. Jangan menyerah jika belum bisa. Kesalahan yang paling sering orang lakukan adalah ia terlalu cepat menyerah dan menganggap bahwa ia telah ditakdirkan untuk menjadi orang yang tidak bisa berenang. Berenang memiliki tahap-tahap yang banyak sebelum anda bisa berenang sesungguhnya tahap-tahapnya antara lain:

1. Belum bisa apa-apa
2. Sudah mulai bisa mengayunkan tangan dan kaki tetapi belum bisa mengapung
3. Sudah mulai bisa mengapung tetapi belum bisa mengambil napas
4. Sudah mulai bisa mengapung dan mengambil napas tetapi perlu gerakan yang banyak dan menghabiskan tenaga
5. Sudah bisa berenang secara sempurna

Nah dari tahap-tahap di atas tentu diperlukan ketekunan dalam latihan, jika anda sudah berada di tahap ke 3 atau ke 2 nah terus lanjutkan jangan menyerah.


4 .  Untuk bisa berenang cobalah melakukan gaya anda tersendiri, gaya apa saja boleh yang penting anda dapat mengapung dan mengambil napas dahulu. Jangan terlalu memikirkan gaya bebas, gaya kata, kupu-kupu, untuk pemula lakukan dahulu gaya sesuka anda. Setelah mahir barulah pelajari gaya yang sebenarnya.


5. Sering-sering lah main di dalam air, toh anak kampung saja yang tidak punya pelatih sendiri karena sering main ke sungai juga bisa pandai berenang sendiri.

Nah itulah beberapa tips bagaimana cara agar bisa berenang, perlu juga diingat apabila anda belum pandai berenang jangan pernah pergi ke tempat dalam tanpa ada orang yang mahir sekali berenang yang mengawasi anda, seperti penjaga kolam renang.  Karena menyelamatkan orang tenggelam sangatlah susuh dibutuhkan keahlian yang khusus. Jika tidak ada orang yang ahli berenang sebaiknya anda berlatih saja di tempat yang dangkal demi keselamatan diri anda.
Semoga sukses.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon