cara menyembuhkan bersin


Bersin adalah suatu reaksi penyesuaian yang membersihkan hidung kita dari benda asing seperti ingus yang telah mengandung partikel asing dengan mengeluarkan udara yang keras melalui hidung dan mulut. Perlu diketahui udara yang keluar dari hidung kita saat kita bersin bisa mencapai 250 km/jam, setara dengan kecepatan mobil ketika ngebut. Nah penyebab bersin pun beragam, antara lain karena alergi terhadap sesuatu baik itu barang maupun benda seperti bulu hewan, serbuk kayu, debu dll. Selain itu bau yang kuat dan kelembaban udara juga dapat memicu terjadinya bersin.

Bersin mungkin dianggap tidak berbahaya bagi sebagian orang tetapi tentu penyakit ini sangat dapat mengganggu anda baik dari penampilan, konsentrasi, mata merah, susah tidur dll. Nah untuk itu ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika anda diserang bersin

1. Minyak angin
Ada berbagai jenis minyak angin yang di jual di pasaran, ini sangat membantu anda untuk menghentikan bersin yang anda derita dengan menghirupnya dalam-dalam. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga bersin anda berhenti.

2. Kenali penyebab bersin
Nah anda dapat berkonsultasi dengan dokter apa penyebab dari bersin anda, karena dengan mengetahui penyebabnya maka anda dapat terhindar dari bersin. Contohnya saja jika anda bersin karena alergi terhadap bulu kucing, maka anda dapat menjauhkan binatang tersebut dari rumah anda.

3. Jahe
Jahe juga sudah sejak lama dipercaya mampu untuk menyembuhkan penyakit bersin-bersin. Anda dapat mulai mengkonsumsi teh jahe karena dengan rasa pedas dari jahe dapat melegakan hidung dan tenggorokan anda.

4. Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang dapat membunuh bakteri pada saluran hidung. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih dengan memasukkannya ke dalam makanan anda, ataupun dengan menghirup halusan bawang putih secara langsung.

5. Biasakan hidup sehat dan olah raga
Cobalah membiasakan diri dengan gaya hidup sehat seperti selalu berolah raga, karena olah raga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda dan mencegah bersin bersin. Selain itu kebersihan tempat tinggal anda pun harus anda perhatikan terutama kamar anda yang harus selalu dibersihkan agar terjauh dari kuman dan debu penyebab bersin.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit bersin bersin. Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »