sejarah negara amerika


Siapa yang tidak kenal dengan negara Amerika, selain dikenal sebagai negara yang paling kuat ia juga dikenal dengan negara paling berpengaruh di dunia. Nah bagaimanakah sejarah amerika serikat sebelum ia menjadi kuat dan terkenal seperti saat ini.

Sebenarnya belum diketahui pasti dari mana asal mula penduduk pertama Amerika, tetapi orang mempercayai asal penduduknya berawal dari Eurasia. Penduduk ini dikenal dengan nama Paleoamerika. Setelah migrasi itu terjadi, proses pertumbuhan pun terus meningkat di daerah Amerika hingga tiap tiap sudut wilayah amerika memiliki budaya yang berbeda. Wilayah amerika serikat barat daya berbudaya tanam jagung, barat laut kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, dan pada wilayah timur berburu.

Nah walaupun Amerika saat ini adalah negara terkuat, tapi tau tidak bahwa ternyata negara amerika juga pernah dijajah oleh beberapa negara antaralain, spanyol, inggris, belanda, dan prancis.

Masa penjajahan di Amerika serikat juga berlangsung sangat lama hingga pada tahun 1776 Thomas Paine menulis sebuah pamplet kemerdekan dari britania yang bernama Common Sense. Di era ini  terjadi perang perang hingga pada tahun 1777 Amerika berhasil merebur Saratoga yang sekaligus membuat prancis menjadi sekutu Amerika.

Saat itu negara Amerika yang telah dipimpin oleh presiden pertamanya yaitu George washington mengalami banyak kekalahan perang, dan akhirnya memenangkan perang setelah dibantu oleh sekutunya prancis di York Town.

Pada tahun 1776 sebelumnya telah terjadi kongres kontinental kedua yang menyatakan atas kemerdekaan Amerika serikat. Seorang ahli politik juga menulis bahwa Amerika adalah negara pertama yang berhasil memberontak dari penjajahan.

Setelah kejadian itu negara amerika terus berkembang hingga terjadi konfederasi dan konstitusi yang membentuk awal republik Amerika. Setelah menjadi republik perkembangan Amerika pun memiliki banyak fase seperti era pemerintahan washington pada tahun 1789, Jefferson, era masa perbudakan, era perang saudara antara utara dan selatan karena banyak perbedaan pandangan, era rekostruksi, perang dunia I, hingga perang dunia ke II, dan banyak fase lainnya yang dapat anda temukan di berbagai buku sejarah.

Nah mungkin itulah sejarah ringkas terbentuknya negara Amerika serikat yang mungkin kalau dijelaskan secara detail sejarah amerika tentu sangatlah panjang. Semoga tulisan ringkas ini dapat membantu anda mengenal secara umum asal usul dari negara Amerika.

Semoga bermanfaat,
Previous
Next Post »