menghilangkan sifat sombong


Semua orang tentu tau kalau sifat sombong merupakan sifat yang tercela. Pasti banyak orang yang membenci orang-orang yang sombong. Namun terkadang terdapat suatu keadaan dimana orang yang sombong ini ingin menjadi orang yang rendah diri alias tidak sombong. Sebenarnya faktor kebiasaan juga menjadi pendorong orang untuk sombong, seperti contoh, seorang anak yang selalu mendapat didikan dari orang tuanya untuk bersikap sombong terhadap orang miskin jadi dia akan terbiasa dengan sifat tersebut. Nah apakah anda orang sombong, apakah anda ingin merubah sifat buruk anda ini untuk lebih baik. Berikut caranya

Pertama cara untuk menghilangkan sifat sombong adalah dengan mengingat bahwa anda membutuhkan orang lain. Bagaimana jika anda tiba-tiba sakit di depan orang yang anda remehkan. Apakah anda masih bersikap sombong ketika anda membutuhkan orang lain? tentu saja tidak. Anda adalah manusia yang selalu membutuhkan bantuan orang lain. Sehebat apapun anda sekaya apapun anda, masih harus membutuhkan orang lain. Jadi anda sangat tidak pantas untuk sombong terhadap orang.

Kedua lihat orang yang lebih hebat dari anda. Mungkin anda merasa sombong terhadap orang yang berada dibawah level anda, tetapi siapkah anda untuk melihat orang yang berada di atas anda. Beranikah anda bersikap sombong terhadap orang yang lebih hebat dari anda. Tentulah tidak. Ingat setiap orang punya kelebihan masing-masing, tukang becak yang anda rendahkan, mungkin saja lebih kuat atau lebih pintar dari anda.

Ketiga ingat akan resiko kehilangan.
Semua hal yang anda sombongkan pasti memiliki resiko akan lenyap dari diri anda, baik itu, ketampanan, kecantikan, kekayaan, pangkat yang tinggi, tentu semuanya bisa saja lenyap dari diri anda, ingat musibah bisa terjadi kapan saja bagi anda. Jadi sungguh tidak pantas anda untuk sombong di dunia ini.

Nah itulah beberapa cara agar terhindar dari sifat sombong. Dengan menghilangkan sifat sombong kita akan merasa lebih bahagia dan semakin disayangi oleh orang-orang di sekeliling kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »