pentingnya kuliah


Ada orang mengatakan buat apa kita kuliah ke perguruan tinggi ujung-ujungnya cari kerja juga. Mending tamat SMA langsung kerja saja. Nah pendapat yang seperti ini sangat tidak benar dan harus di bantah. Faktanya kebanyakan orang-orang yang berkata seperti di atas adalah orang yang tidak pernah masuk ke perguruan tinggi. Untuk itu sebelum memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, ada baiknya buat adik-adik membaca keuntungan yang didapat saat kuliah.

Mendapatkan pendidikan yang menjurus pada suatu bidang. Nah ini adalah keuntungan bagi adek-adek yang memiliki keinginan, hobi atau bakat tertentu. Berbeda dengan halnya ketika di sma kita di tempa dengan semua pelajaran, ketika di kuliah kita hanya belajar sesuai dengan jurusan yang kita ambil. Meskipun ada pelajaran umum saat kuliah, namun disana hanya dipelajari sedikit sekali.

Melatih hidup mandiri. Berbeda saat kita di SMA terlihat guru sangat peduli dengan tingkah kita, bahkan akan mengejar kita jika kita tidak masuk kelas. Saat kuliah ini tidak ada lagi, masuk tidak masuk terserah anda, itu adalah keputusan anda, tidak ada yang peduli lagi seperti saat SMA. Sehingga kita harus mandiri dalam mengatur hidup kita yang menentukan kesuksesan kita sendiri.

Bertemu dengan banyak orang yang sangat berbeda karakter. Ini sangat sering anda temukan saat kuliah, terutama jika anda kuliah di pusat kota. Ini adalah sebuah kesenangan saat kuliah. Bayangkan saja berbagai orang dari seluruh penjuru indonesia akan anda temui dan anda akan mulai saling beradaptasi saat kuliah. Apalagi jika anda memilih perguruan tinggi terbaik seperti UI, UGM, UNPAD dll.

Anda akan memiliki pikiran yang akademis. Walaupun ada bodoh sekalipun ketika di SMA, namun karena di perkuliahan anda berada pada lingkungan yang akademis makan secara otomatis gaya anda pun akan berubah, baik itu dari cara berfikir, berbicara, maupun dari segi penampilan.

Nah sangat banyak bukan manfaat dari kuliah. Jadi manfaatnya bukan hanya untuk cari kerja, tapi juga untuk diri dan masa depan adik-adik sekalian. Untuk itu ayo kuliah jika ada kesempatan.
Previous
Next Post »