cara tetap semangat ngeblog

10/31/2014

Kali ini saya akan berbagai bagaimana caranya untuk tetap semangat ngeblog. Salah satu teman dekat saya bertanya langsung tentang tips bagaimana cara untuk tetap semangat ngeblog karena masa-masa jenuh untuk blogging itu pasti akan datang dan mungkin sulit untuk ditepis.

Sebenarnya untuk membuat blog menjadi berkembang pesat itu tidak terlalu susah, karena ada yang lebih susah daripada itu semua yaitu bagaimana memelihara semangat untuk ngeblog tersebut. Sangat disayangkan jika blog yang sudah kita rawat sampai bertahun-tahun bahkan sudah memiliki visitor yang cukup lumayan kita tinggalkan begitu saja. Padahal banyak para pemula yang sangat bermimpi untuk mendapatkan blog seperti kita.

Pertanyaannya adalah apakah masa jenuh untuk menulis blog pernah datang kepada saya. Jawabannya adalah ya, bagaimana saya menanggapinya, nah kepada sobat-sobat dan teman teman blogger saya sekalian berikut ini adalah beberapa cara yang saya lakukan ketika menghadapi masa jenuh blogging.

1. Tinggalkan blog untuk sesaat
Ketika masa jenuh menulis blog itu melanda, cara yang pertama yang harus sobat lakukan adalah untuk meninggalkan sementara blog yang sobat cintai. Silahkan sobat gunakan waktu tersebut untuk melakukan seluruh kegiatan yang sobat sukai selain ngeblog. Nah apakah dengan kita meninggalkan blog kita, lantas artikel kita tidak update. Disini sobat dapat membuat schedule yang ada di menu blogger, sehingga artikel dapat terposting secara otomatis pada jadwal yang sobat tentukan, jadi blog sobat akan terlihat tetap update walaupun sobat sebenarnya tidak sedang blogging.

Kesalahan yang menurut saya sering para blogger lakukan adalah, ketika semangat sedang menggebu-gebu layaknya api yang terkena angin, mereka menulis sebanyak-banyaknya dan mempostikan artikel tersebut dalam satu hari.

Kalau menurut saya ada baiknya artikel yang sobat buat dalam jumlah banyak tersebut dapat sobat sisihkan sedikit untuk berjaga-jaga ketika sobat sedang tidak mood atau jenuh untuk ngeblog.

2. Jangan update setiap hari
Siapa yang tidak setuju untuk update artikel setiap hari, memang update artikel setiap hari sangat baik, dan sangat cepat untuk meningkatkan rangking blog. Tapi apakah sobat yakin mampu secara konsisten untuk menulis setiap hari? apakah sobat tidak punya kesibukan lainnya selain mengurus blog.

Memang banyak web-web yang kita lihat update setiap hari, tetapi apakah sobat yakin web tersebut hanya memiliki satu penulis seperti blog yang kita kelola. Seperti layaknya situs berita yang sudah menjadi hebat, tetapi sobat juga harus tau bahwa mereka memiliki banya penulis sehingga tidak heran mereka mampu melakukan update setiap hari.
Selain itu blog lain yang mampu melakukan update setiap hari adalah blog yang copy paste atau hanya menyalin karya orang lain. Sehingga tentu jika hanya mengkopi paste update artikel setiap hari bukanlah hal yang sulit, bahkan untuk mengupdate 10 artikel sehari pun jika hanya kopy paste ini sangatlah mudah. Namun sebagai blogger sejati copy paste karya orang lain adalah bukan jalan kita.


3. Perbanyak membaca motivasi dari blogger sukses
Nah terkadang para blogger juga memiliki keluh kesah selama ngeblog yang sama seperti kita, namun mereka tetap semangat dalam mengurus blog dan menuliskan artikel artikel motivasi yang dapat membangkitkan kita untuk ngeblog. Ketika saya kehilangan semangat untuk ngeblog, biasanya saya sering browsing ke internet dan membaca artikel artikel tentang cara membangkitkan semangat ngeblog yang dituliskan oleh blogger-blogger yang lainnya. Dan ternyata ini sangat mampu membangkitkan semangat saya untuk menulis lagi.

Sahabat blogger sekalian alangkah sayangnya jika blog yang sudah sobat besarkan dengan susah payah dan memakan waktu yang lama harus berakhir hanya karena pengaruh dari bad mood sobat yang sementara. Percayalah seandainya pun sobat berfikir untuk mencoba membangun suatu usaha yang lain, yang akan sobat temukan adalah hal yang sama seperti saat sobat berusaha membangun blog. Jika dahulu sobat pernah bermimpi untuk menjadi seorang blogger hebat ternama dan mempunyai penghasilan yang banyak, namun gagal dikarenakan sobat tidak konsisten, maka sobat juga akan mengalami hal yang sama untuk mimpi sobat yang lainnya.

Semua mimpi, semua kesuksesan, dan hasil yang memuaskan dibutuhkan ketekunan dalam menjalaninya. Namun hanya sedikit orang yang dapat melakukan hal tersebut, sehingga tidak heran jumlah dari orang sukses itu hanya sedikit. Percayalah selama sobat konsisten untuk menulis di blog, kesuksesan yang sobat impikan sudah ada di depan mata.

Nah itulah beberapa cara untuk membangkitkan semangat untuk menulis di blog, semoga setelah membaca artikel sederhana ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada sahabat blogger yang lainnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon