dua organ terpenting manusia


Baiklah untuk kali ini saya tidak akan berbagi tentang tutorial ataupun tips namun kali ini saya akan memberikan sebuah topik menarik untuk kita renungkan yaitu dua organ terpenting dalam manusia. Nah tuhan telah menciptakan manusia dengan struktur tubuh yang sangat sangat sempurna. Belum ada satu orang pun di muka bumi ini yang mampu menciptakan robot sesempurna ciptaan tuhan. tubuh kita pun dilengkapi dengan berbagai macam kelengkapan baik itu hidung, mata, telinga kaki, jantung, mulut dan sebagainya. Namun dibalik itu semua ada dua organ manusia yang paling penting atau bisa dikatakan sangat-sangat penting nah apakah itu.

1. Otak
Otak adalah segumpal daging yang mengontrol seluruh organ. Yang paling membedakan manusia dengan binatan adalah otak. Meskipun hewan atau binatang juga memiliki otak, namun mereka tidak memiliki kemampuan otak yang sesempurna manusia. Manusia dapat menggunakan otaknya untuk berfikir secara rasional sehingga manusia dapat menguasai semesta alam ini.


2. Hati
Selain otak ada satu daging yang memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan otak yaitu hati. Dalam situasi tertentu hati mampu mengendalikan otak, contohnya orang yang sedang jatuh cinta. Ketika seseorang jatuh cinta maka ia dapat melakukan apa saja kepada orang yang dicintainya walaupun secara rasional menurut otak itu adalah salah. Sebagai contoh ketika seseorang jatuh cinta maka ia rela mengorbankan seluruh hartanya yang telah ia cari selama bertahun tahun walaupun menurut pandangan otak itu merupakan kerugian terbesar. Jadi perbedaan yang paling jelas antara hati dan otak adalah, otak menggunakan pemikiran yang rasional atau beralasan jelas, sedangkan hati menggunakan perasaan.

Nah dari ilustrasi di atas tentu kita sudah paham apa apa saja fungsi dari dua organ tersebut, nah pertanyaan selanjutnya adalah organ apakah yang lebih  penting dan pantas untuk didahulukan?
jawabannya adalah tidak ada organ yang terpenting karena kedua organ ini memiliki fungsinya tersendiri, jadi yang harusnya dilakukan adalah menyeimbangkan kedua fungsi organ tersebut. Karena apabila terjadi kecenderungan yang lebih besar pada suatu organ maka anda akan menjadi manusia yang buruk.

Sebagai contoh orang yang cenderung menggunakan otak akan menjadi orang yang tidak memiliki kasih  sayang atau biasa dikenal dengan psikopat. Orang ini hanya mengikuti pemikiran rasionalnya saja sama seperti halnya robot tidak memiliki hati dan rasa belas kasihan terhadap orang lain. Sebaliknya begitu pula orang yang cenderung kepada hati, mereka akan selalu menggunakan perasaan tanpa memikirkan hal-hal rasional, sehingga mereka akan mudah tertipu dengan orang lain, atau mereka akan menjadi orang yang bodoh yang mudah dikendalikan oleh orang lain.

Kesimpulannya adalah kita harus menggunakan pemikiran dan perasaan dalam menjalani kehidupan kita sehingga kita menjadi orang yang bermartabat dan bijaksana.
Previous
Next Post »