manfaat ikan lele


Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele. Ikan lele adalah salah satu ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi orang indonesia. Alasan utamanya tidak lain adalah karena rasanya yang nikmat dan mengembang biakkan ikan ini juga tergolong mudah.

Ternyata ikan lele tidak hanya populer di negara indonesia namun di luar negeri ikan ini juga menjadi santapan lezat direstaurant-restaurant besar. Nah hal ini tentu membuat kita penasaran apasih mafaat ikan lele bagi tubuh?



Ikan lele mengandung omega 3 yang sangat tinggi yang tentunya sangat baik bagi kesehatan. Selain omega 3 ternyata lele juga memilikiberbagai macam vitamin diantaranya adalah vitamin B12.
Vitamin B12 memiliki khasiat yang membatu proses penyerapan makanan untuk pembentukan energi sehingga kita akan menjadi lebih bertenaga.

Mangnesium yang terdapat di ikan lele menjadi suatu zat yang akan berguna pada glukosa dalam darah.Untuk kesehatan saluran peredaran darah, jantung, dan otot maka zat pottasium yang terkandung di ikan lele akan membantu memelihara kesehatan organ-organ tersebut.

Nah walaupun demikian lele masih memiliki lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Oleh karenanya untuk mengurangin kadar lemak jahat pada ikan ini ada baiknya cara penyajiannya dengan direbus, panggang, ataupun dikukus.

Selain hal diatas, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tempat pemeliharaan atau perternakan ikan lele tersebut. Pastikan tempat perkembang biakannya tidak tercemar, sehingga lele yang anda konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat kimia berbahaya salah satunya seperti zat mercury.

Nah itulah khasiat dari ikan lele, semoga dengan tips diatas kita tidak ragu lagi mengkonsumsi ikan lele yang sehat dan kaya akan gizi tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »