alasan menjadi seorang guru

mengapa menjadi guru

Mungkin banyak orang memandang sebelah mata profesi sebagai guru, entah karena gajinya yang kecil atau karena alasan lainnya. Apa benar profesi guru itu lebih rendah dibandingkan profesi lainnya? tentu saja jawabannya adalah tidak. Taukan anda bahwa guru adalah salah satu pekerjaan yang sangat mulia. Alasannya mengapa? tentu saja karena guru memberikan ilmu yang bermanfaat kepada manusia.

Masih ingat dengan hadist yang mengatakan bahwa ada 3 hal yang amalannya tidak akan berhenti walaupun manusia tersebut sudah meninggal. Diantaranya yaitu, Sedekah jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shaleh. Nah salah satu dari poin yang terkait dengan profesi guru adalah, ilmu yang bermanfaat. Guru akan terus mendapatkan pahala selama ilmu tersebut terus dan terus digunakan oleh orang lain dan generasi yang lain.

Lantas bagaimana dengan penghasilan guru. Apakah penghasilannya dapat mencukupi kebutuhan hidup. Nah dulu mungkin memang nasib guru kurang sejahtera, tetap saat ini pemerintah telah memberikan tunjangan sertifikasi khusus kepada guru yang gajinya bisa mencapai dua kali lebih banyak dari pegawai biasa. Jadi tentu saja tidak perlu ragu untuk masalah penghasilan sebagai guru.

Selain hal diatas salah satu keuntungan guru daripada pegaiwai lainnya adalah, guru memiliki waktu luang yang lebih banyak. Saat sekolah libur tentu guru juga libur. Apalagi saat liburan smester tentu ini juga merupakan libur panjang yang tidak dimiliki pegawai lainnya. Selain itu guru juga memiliki banyak jam kosong. Ada jam-jam kusus dimana guru tidak mengajar. Selesai kerja guru pun biasanya lebih awal dari pegawai lain. Biasanya guru sudah selesai sebelum sore hari. Apalagi pada sekolah di perdesaan. Nah sangat menyenangkan bukan menjadi guru. Tidak heran jika peminat profesi guru semakin meningkat

Lantas apakah menjadi guru bisa sembarangan. Tentu saja tidak. Saat ini pemerintah telah memberlakukan sebuah pelatihan profesi guru. Yang mana guru akan dididik secara khusus, dan mendapat pengalaman kerja lapangan sebelum mengajar di sekolah. Hal ini agar guru dapat memiliki kualifikasi yang mantap dan professional. Ciri-ciru guru profesional diantaranya;

1. Menguasai bidang yang ia ajarkan
2. Mampu berkomunikasi dengan baik
3. Mampu mendisiplikan kelas
4. Punya energi yang cukup dalam mendidik siswanya
5. Mampu memanajemen kelas
6. Mempunyai pemahaman psikologi terhadap siswa
7. Memiliki pemahaman yang baik tentang kurikulum dan tujuan pengajaran
8. Mampu berhubungan baik dengan siswanya
9. Punya wawasan yang luas

Dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya adalah, Guru adalah profesi yang mulia. Selain mulia, saat ini para orang yang berprofesi sebagai guru juga sangat sejahtera dan menjanjikan. namun untuk menjadi guru yang baik makan dibutuhkan sebuah kualifikasi profesional dalam mendidik siswa.



Previous
Next Post »