tips cara aman berteman online


Berteman secara online atau berhubungan dengan orang lain yang belum kita kenal secara online saat ini tentu sudah menjadi hal yang umum. Alasanya tentu karena sudah banyaknya social media dan ingin mempunyai kenalan yang baru. Sebenarnya untuk mencari teman ada banyak cara silahkan lihat di cara mendapatkan banyak teman. Namun kali ini yang kita bahas adalah mendapatkan teman secara online dan aman. Tentu saja ada banyak orang yang berhasil menjalin hubungan yang baik melalui dunia online. Namun dibalik itu semua menjalin hubungan secara online juga memiliki resiko buruk yang harus kita antisipasi.

Ketika anda berhubungan di sosial media anda perlu waspada bahwa informasi privasi tentang diri anda dapat digunakan untuk kejahatan. Biegitu pula jika anda ingin bertemu langsung dengannya pilihlah tempat yang ramai atau di tempat umum yang anda rasa aman. Untuk itu ada beberapa cara agar anda terbebas dari kejahatan online diantaranya;

Hindari meletakkan informasi pribadi di profil sosial media anda. Jangan biarkan mereka tau semua tentang data diri anda termasuk alamat, nama asli, tanggal lahir dll. Khusus untuk sosial media seperti facebook anda dapt mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi anda, silahkan gunakan fitur ini dan izinkan hanya pada orang yang anda kenal.

Sebelum anda yakin untuk bertemu dengan kenalan online anda, ada baiknya anda mengetahui tentang dirinya dari profil online yang tersedia, seperti lihat siapa temannya, cek di google apakah fotonya sering digunakan di google, jika ia maka kemungkinan ia adalah orang yang sedang menyamar, dan liahat juga bagaimana komen atau cara dia berinteraksi dengan orang
lain.

Hindari memberikan informasi secara lengkap kepada seseorang yang baru anda kenal, ketahui dirinya terlebih dahulu baru berikan informasi seperlunya kepada teman online anda
Anda lebih baik mengajak bertemu tidak di dalam rumah, lebih baik di tempat umum terlebih dahulu dan usahakan bertemu saat siang hari agar lebih aman.

Untuk memastikan orang yang anda kenal melalui chating adalah benar seperti yang di profil, anda dapat menggunakan fasilitas video call untuk memastikan bahwa dia tidak menyamar.

Jika anda takut untuk pergi bertemu sendirian, anda dapat membawa teman terlebih dahulu.

Jangan titipkan barang-barang berharga anda seperti dompet ataupun hp ke kenalan anda saat baru pertama bertemu.

Persiapkan jalan untuk melarikan diri saat keadaan darurat atau bawalah kendaraan pribadi dan parkir pada posisi yang mudah untuk pergi.

Jika terjadi hal yang buruk atau tidakan kriminal segera lapor ke pihal berwajib dan ceritakan pengalaman anda secara keseluruhan agar orang lain tidak menjadi korban penipuan atau kekerasan olehnya di kemudian hari.

Nah itulah beberapa tips cara agar aman berteman secara online. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »