7 penyebab utama malas belajar

7 penyebab utama malas belajar

Malas adalah suatu sifat yang sangat buruk dimana orang yang memiliki sifat ini tidak akan pernah berhasil di dalam hidupnya. Selain gagal mencapai tujuan hidup orang malas juga akan dibenci oleh orang sekitarnya, oleh karenanya sifat malas harus dihilangkan dalam diri kita. Ada beberapa cara yang paling ampuh untuk menghilangkan sifat malas antara lain. Apakah anda pernah bertanya pada diri anda sendiri mengapa anda malas belajar? anda pun heran mengapa ia bisa mampu belajar setiap hari, namun anda tidak. Berkali-kali anda mencoba untuk rutin belajar namun anda gagal. Saat anda buka buku perasaan bosan pun melanda. Apakah anda ingin merubah sifat malas yang ada di dalam diri anda menjadi rajin? Apakah anda ingin belajar setiap hari dalam waktu yang lama tanpa merasa jenuh. Nah jika memang anda ingin menghilangkan rasa malas di dalam diri anda, berikut ada beberapa tips yang dapat anda coba

Hidup tidak teratur alias amburadul
Malas sebenarnya muncul karena tidak adanya keteraturan hidup. Jika hidupmu teratur dan penuh dengan kegiatan yang baik maka malas tidak ada celah untuk muncul. Rasa malas muncul dikarenakan suatu kebiasaan dari malas itu sendiri atau karena terbiasa dengan waktu luang, sehingga dalam waktu yang sangat padat pun, keinginan untuk bekerja tidak ada sama sekali. Disinilah awal rasa malas muncul.

Kurang motivasi
Hidup tanpa motivasi dan tujuan akan berakhir tanpa pencapaian. Anda tidak mungkin mempunyai keinginan untuk melakukan suatu kegiatan jika tidak punya motivasi untuk mencapai hal yang anda inginkan. Jika anda tidak mempunyai tujuan hidup tentu anda enggan melakukan sesuatu dan ini akan membuat anda menjadi pemalas.Motivasi adalah faktor utama penyebab seseorang menjadi rajin. Tanpa motivasi rasanya sangat susah anda akan bisa belajar dengan tekun. Motivasi dalam belajar pun banyak macamnya, ada yang ingin menjadi juara, ingin sukses,  ingin mengalahkan saingan belajar, dll. Untuk itu tentukanlah segera motivasi anda dalam belajar.

Berfikir negatif tentang belajar
Terkadang malas mucul dari dalam diri seseorang dikarenakan pemikiran negatif yang duluan muncul sebelum tindakan. Ini tentu sangat berbahaya, jika dibiarkan maka semua hal-hal penting untuk anda lakukan kemungkinan tidak akan pernah anda lakukan dikarenakan pemikiran buruk atau negatif terhadap pekerajaan penting anda. Begitu juga dengan belajar, jika tidak ada pemikiran positif dan anda menganggap belajar adalah hal yang negatif alias tidak berguna maka jangan berharap untuk menjadi rajin.

Tidak suka dengan topik yang dipelajari
Jika anda tidak suka dengan suatu topik maka jangan salahkan anda menjadi malas untuk belajar tentang topic tersebut. Caranya adalah cobalah lihat apa kaedah dan manfaat yang didapat jika anda belajar tentang suatu topik, Ketika anda menemukan manfaatnya maka tentu anda akan bisa suka terhadap apa yang akan anda pelajari. Dengan begitu rasa malam belajar pun dapat anda taklukkan.

Belajar kapan ada waktu
Memang tidak ada salahnya jika anda belajar dimana anda memiliki waktu senggang, namun sangat penting bagi anda menentukan waktu khusus untuk belajar. Alasannya adalah tanpa waktu belajar yang khusus anda akan kesulitan untuk melakukan kegiatan belajar sebagai rutinitas. Apalagi jika anda adalah seseorang yang punya banyak kegiatan. Sangat susah rasanya meluangkan waktu untuk belajar tanpa jadwal khusus, walaupun memang masih memungkinkan. Untuk lebih jelas silahkan baca cara membangun kebiasaan belajar

Tidak konsisten
Cara lainnya yang ampuh dalam melawan rasa malas adalah dengan membiasakan hidup rajin. Banyak orang mencoba untuk hidup rajin tetapi dikarenakan tidak konsisten maka rasa malas akan kembali menguasai diri anda. Ingat menghilangkan rasa malas sangatlah susah, sebaliknya membiasakan hidup malas itu sangat gampan, jadi selalu konsisten untuk hidup rajin.  Sekali belajar, sekali tidak alias belajar secara suka-suka. Jika anda lakukan ini maka anda akan kalah dengan orang-orang yang giat dalam belajar. Selain itu ketahuilah belajar itu harus dibiasakan dan menjadi rutinitas baru anda akan menyukai belajar. Jika anda tidak konsisten maka sulit rasaya untuk menjadi seseorang yang rajin dan giat belajar. Saran saya cobalah bergaul dengan teman-teman anda yang rajin belajar, lihat rutinitas yang mereka lakukan, dan ikutilah cara-cara belajar mereka.

Sibuk dengan kegiatan yang tidak bermanfaat
Kurangilah hari-hari anda dengan kegiatan-kegiatan yang membuang-buang waktu alias kegiatan yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Memang banyak kegiatan membuang waktu diluar sana yang rasanya lebih menyenangkan daripada belajar, namun tentu saja kegiatan membuang waktu itu tidak ada manfaatnya. Jika anda sudah ketagiahan dengan kegiatan-kegiatan negatif, maka kegiatan positif seperti belajar akan susah anda lakukan. Begitu pula jika anda sudah ketagiahan dengan kegiatan positif maka anda tidak akan rela rasanya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.


Itulah beberapa penyebab seseorang menjadi malas belajar. Untuk menghilangkan kebiasan malas belajar tentu diperlukan usahan dan kerja keras dalam mengubah diri. Semoga kita semua adalah orang yang rajin dan terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.
Ingat kemalasan akan selalu berakibat buruk bagi anda, apapun alasan anda tidak ada keuntungan yang akan anda peroleh dari bermalas-malasan. Memang banyak orang berfikir dan merasa nyaman dengan sifat malas yang mereka lakukan, tetapi ketahuilah mereka akan menyesalinya suatu saat nanti.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »