cara jenius belajar matematika

menguasai ilmu matematika

Matematika adalah salah satu ilmu pelajaran yang paling penting dan hampir selalu digunakan di segala cabang ilmu.Tidak heran semua orang ingin menguasai matematikan dengan baik. Banyak orang percaya bahwa kemampuan matematika memang sudah bawaan sejak lahir. Sebenarnya pendapat ini ada mengaruhnya tetapi tidak terlalu besar. Pengaruh yang paling besar dalam menguasai matematika adalah keinginan dan ketekunan. Seberapa besar keinginan dan ketekunan seseorang dalam matematika sebesar itu pula kemampuan matematika yang ia dapatkan. Jadi sesungguhnya siapa saja bisa sukses dalam matematika asalkan ia mau konsisten belajar ditunjang dengan strategi menguasai matematika. Apakah strategi tersebut, berikut beberapa langkah belajar jenius matematika.

Pertama, jika anda ingin pintar matematika maka anda harus rajin mengerjakan soal-soal matematika agar anda terbiasa menghitung. Semakin anda terbiasa menghitung semakin akurat pula kemampuan hitung anda. Tidak hanya akurat kecepatan hitung anda pun juga akan ikut meningkat dengan sendirinya. Untuk itu anda disarankan untuk menentukan jadwal belajar matematika sehari-hari. Usahakan juga untuk menyesihkan waktu sejam hingga dua jam khusus untuk belajar matematika. Mengenai cara-cara belajar silahkan baca macam-macam gaya belajar berdasarkan cara berfikir seseorang.

Kedua, jangan pernah gunakan kalkulator, memang terkadang ada sebagian guru yang mengizinkan penggunaan kalkulator dan perhitungan dalam digit yang banyak, namun jika anda ingin pintar dalam menghitung selalu gunakan cara manual. Namun anda boleh menggunakan kalkulator jika ingin memastikan hasil hitungan anda apa sudah tepat atau belum.

Ketiga, biasakan menghitung menggunakan pikiran anda. Maksudnya adalah cobalah membayangkan peritungan matematika di kertas pikiran anda tanpa menulisnya di kertas asli. Jika sudah terbiasa maka cara ini sangat simple dan mudah anda gunakan. Trik ini juga mungkin akan membuat hitungan anda lebih cepat daripada orang lain. Jika anda ragu dengan hasil hitungan anda silahkan pastikan dengan kalkulator, namun ingan gunakan kalkulator hanya untuk memastikan bukan di saat anda benar-benar menghitung.

Keempat, belajar matematika tidak harus selalu serius, ada banyak game yang melatih kemampuan matematika anda, silahkan cari di internet. Dan mainkan game ini saat anda dalam kondisi santai.

Kelimat, cari teman anda yang sama-sama memiliki motivasi untuk belajar matematika, belajar dengan teman tentu lebih asik karena selain bisa berinteraksi dan membantu sastu sama lain saat kesulitan, teman belajar juga bisa menjadi rival positif dalam belajar matematika.

Keenam, saat anda mengalami kesalahan dalam menghitung, segera perbaiki. Jika anda tidak mampu langsung minta bantuan dari guru atau orang yang benar-benar ahli dalam matematika. Ingat menganalisa kesalahan itu sangat penting dalam matematika. Jangan anggap satu cabang ilmu matematika yang tidak anda kuasai itu tidak perlu, karena setiap cabang matematika itu penting dan punya kegunaanya.

Yang terakhir adalah pelajari rumus-rumus matematika dari guru dan buku. Terkadang ada persoalan matematika yang harus menggunakan rumus untuk mendapatkan hasil hitungannya. Beberapa rumus juga membantu anda memperoleh hasil hitungan lebih cepat dari cara biasanya.

Nah itulah beberapa tips cara agar pintar matematika. Ingat terus pupuk motivasi diri untuk menguasai matematika dan teguhkan diri untuk selalu konsisten dalam belajar matematika.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »