cara menghilangkan kecanduan rokok

hilangkan ketagihan rokok

Apakah anda adalah seorang perokok dan berniat untuk berhenti merokok. Jika ya silahkan baca beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan candu rokok.
Tentu hampir semua orang mengetahui apa itu rokok. Sebuah batangan yang dibakar berisikan nikotin yang dikenal sebagai jenis penenang berbahaya yang dilegalkan di dunia. Bahaya dari rokok sendiri tidak hanya para pengisap namun orang disekitarnya pun akan juga kena dampak bahaya tersebut terutama anak-anak. Jika ada ingin berhenti untuk merokok tetapi tidak tahu harus bagaimana cara memulainya buatlah beberapa rencana berikut ini

Yang membuat anda ketagian merokok adalah nikotin. Jadi cobalah temukan penggati nikotin itu sendiri.Banyak orang yang berhasil berhenti merokok ketika mereka mempunyai sesuatu yang dapat menggatikan nikotin. Hal ini juga dikelnal sebagai terapi nikotin. Diantaranya ada yang menggunakan permen karet lozege, nikotin spray, inhaler dll. Jika memang benar-benar serius menggunakan cara ini anda dapat berkonsultasi ke dokter dan diskusikan juga penggunaan dosis nikotin.

Hindari pemicu dari keinginan merokok. Kebanyakan pemicu dari rokok adalah karena stres, selain itu karena pengaruh pergaulan teman yang sering menawarkan rokok, atau bisa juga karena rasa mulut ketika selesai makan. Silahkan hindari semua pemicu tersebut contohnya, minimalkan stres, hindari bergaul dengan perokok, gunakan permen untuk memberikan rasa nyaman setelah makan, dll

Cara selanjutnya yaitu dengan mengurangi rokok secara perlahan tetapi pasti. Misalnya jika anda menghabiskan rokok 1 bungkus perhari maka keesokan harinya bisa dikurangin 1 rokok, dihari selanjutnya dikurangi 2 rokok, kemudian 3 rokok, sampai anda mampu mengurangi rokok hingga tidak merokok sama sekali. Cara ini berhasil dijalani oleh sebahagian perokok namun tidak semuanya. Coba saja manatau anda berhasil dengan cara ini.

Hilangkan segala macam persediaan rokok di rumah anda, kalau anda memiliki persediaan tentu anda akan tergoda untuk merokok kembali.

Berikan motivasi diri anda untuk berhenti merokok, seperti dengan mengetahui bahaya rokok, efeknya terhadap orang yang anda sayangi, penyakit-penyakit dari rokok dll. Motivasi untuk berhenti merokok juga bisa anda dapatkan dari orang lain yang anda anggap sangat berarti bagi anda. Jadi anda dapat mencoba untuk mendapatkan motivasi tersebut bahkan dari orang lain.

Bergaullah dengan orang-orang yang tidak menghisap rokok, lihat gaya hidup mereka dan nikmatilah berbagai cemilan lezat nan bergizi dan lebih enak seperti, wafer, biscuit, eskrim, jus manga, jus alpukat, pisang goreng ayam bakar, buah rambutan, buah jambu, buah markisa, dan berbagai makanan lezat lainnya. Ingat pergaulan mempengaruhi anda, karena anda akan dianggap asing bagi mereka jika merokok, begitupula jika anda bergaul dengan perokok, maka anda akan dianggap asing jika tidak merokok, sehingga hal ini anak mempengaruhi anda. Ingat bergaul disini bukan bearti anda tidak boleh berteman dengan perokok hanya saja alangkah baiknya ketika dalam masa proses menghilangkan candu rokok maka anda sementara mengontrol dahulu pergaulan dengan perokok.

Ingat jika anda memang berniat untuk berhenti maka mulailah secepatnya, karena jika anda memberikan kelonggaran untuk melakukannya di esok hari, percayalah di esok harinya anda akan memberikan kelonggaran kembali untuk hari yang akan datang, sehingga rencana anda untuk berhenti merokok pun tidak pernah berjalan. Semakin cepat anda berhenti semakin baik, karena semakin lama, semakin banyak anda konsumsi rokok, maka tentu semakin tinggi candu anda dengan rokok, jadi semakin sulit pula menghilangkan candu tersebut. Jangan tunggu sakit berhentilah merokok mulai saat ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »