cara menjaga kesehatan rohani

kesehatan fikirian dan mental

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus kita pelihara. Kesehatan fisik dan mental keduannya pun saling berhubungan jadi akan mempengaruhi satu sama lain. Mungkin orang sering menyebutkan kesehatan fisik sebagai kesehatan jasmani dan kesehatan mental sebagai kesehatan rohani yang mana kudanya memiliki peran dan penanganan yang berbeda satu sama lain. Jika kesehatan jasmani lebih pada kemampuan atau kekuatan tubuh, maka kesehatan rohani cenderung pada kempuan fikiran atau prilaku seseorang. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar mejaga kesehatan rohani sehingga tetap sehat, berikut beberapa caranya;

Cobalah dengan mulai menghargai diri anda sendiri dan hindari menylahkan diri. Anda bisa melakukan kegiatan sesuai hobi atau kegemaran yang anda miliki seperti, jalan-jalan, membuat proyek, berkebun, belajar memanah, belajar bahasa dll.

Pelihara kesehatan jasmani anda karena seperti yang saya katakan keduanya memiliki pengaruh yang sangat besar satu sama lain. Caranya mulailah dengan berhidup sehat sepertim, konsumsi makanan bergizi, tidak merokok, konsumsi cukup air, olah raga, dan cukup istirahat.

Bergaullah dengan orang yang baik yang memiliki ikatan keluargaan yang baik termasuk orang-orang yang anda percaya dapat memberikan pengaruh positif pada diri anda. Anda juga dapat mencoba berbagai aktifitas untuk bertemu dengan orang banyak seperti suaktu komunitas sosial dll.

Gunakan kekuatan anda untuk membantu orang lain. Percayalah anda akan merasakan suatu kenaikan mental dan kesenangan yang luar bisa saat anda berhasil membantu orang dan ini juga merupakan cara yang baik untuk berteman dengan banyak orang.

Belajarkan untuk mengontrol stres di dalam hidup karena suka atau tidak sress adalah bagian dari hidup dan semua orang memiliki stress. Caranya bisa dengan sering beribadah, menulis jurnal, berman dengan binatang peliharaan, atau bisa dengan menonton acara komedian. Karena ada penelitian bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem imun, membantu meredakan sakit, membuat tubuh menjadi rileks, dan meringankan stres. Untuk info lengkap anda bisa membaca di cara menenangkan fikiran dari stress

Nah ini adalah cara yang sangat penting dalam memelihara kesehatan rohani yaitu dengan selalu beribadah. Ingat ibadah adalahlah cara utama dalam menghilangkan sress dan anda bisa menenangkan fikiran disana. Jika ibadah dilakukan denan benar makan anda akan merasa tenang, nyaman, dan senang. Yang menjadi persoalan banyak orang adalah apakah ia terlah beribadah dengan benar sesuai perintah Allah.

Cobalah untuk melakukan hal baru dalam hidup anda. Karena bisa saja anda mempunyai ketertarikan terhadap sesuatu yang baru yang tentunya akan membuat anda lebih merasa senang dan tertantang.

Hindari minuman eras dan obatan terlarang atau narkoba. Terkadang orang mengkunakan obatan terlarang untuk meraih ketenanga, memang anda akan mendapatkan ketenangan sesaat namun faktanya obatan terlarang hanya akan memperparah penyakit mental anda.

Jangan sungkan mencari bantuan saat anda membutuhkannya. Ini bukanlah pertanda bahwa anda lemah namun memang secara harfiah manusia itu mahlkuk sosial dan menag saling membutuhkan. Tidak ada seorang manusiapun yang dapat lahir sendiri dan hidupsendiri di dunia ini tanpa bantuan oranglain.


Nah itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan rohani. Ingat kesehatan rohani itu sangat penting karena jika anda mengalami sakit rohani, bisa saja anda akan selalu stres, tidak pernah tenang, dan bahkan menjadi gila. Untuk itu marilah sama-sama menjaga kesehatan diri kita baik jasmani maupun rohani. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »