cara menulis dengan cepat di blog

cara menulis di blog dengan cepat

Tentu semua blogger ingin menulis cepat, selain menghemat waktu menulis cepat juga membantu anda terhidar dari kebosanan. Jika menulis terlalu lama tentu menghabiskan banyak energy sehingga timbulah rasa berat untuk menulis yang berakhir pada berhenti menulis sama sekali. Berbeda halnya jika anda menulis cepat, anda merasa lebih tenang, mudah, tidak memakan banyak tenaga, sehingga anda pun tidak merasa menulis sebagai beban. Terkadang blogger membuat artikel menghabiskan waktu 6 jam, apakah ini masalah? Jawabanya tergantung, cobalah tanyakan pada diri anda apakah anda sanggup konsisten menulis selama itu dan tidak jenuh? jika anda mampu tentu hal tersebut bukanlah masalah yang perlu anda pikirkan, namun jika anda tidak mampu dan anda lebih menginginkan menulis dengan waktu 10 hingga 15 menit dengan kualitas yang baik, berikut cara-cara yang perlu anda coba agar dapat menulis dengan cepat

Pertama buatlah beberapa topic yang akan anda tulis kedepannya. paling tidak cobalah menemukan 20 topic yang anda rencanakan untuk anda tulis kedepan. Jangan sampai anda mencari-cari topik sebelum anda menulis, karena ini akan memakan waktu anda. Banyak orang yang sibuk mencari topi dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari topik apa yang ingin ia tulis. Solusinya adalah buatlah topik jauh hari sebulum anda menulis, karena mencari topik sekaligun menulis akan lebih sulit dibandingkan jika menemukan topik tulisan anda lakukan di sesi yang berbeda. Untuk cara mencari topik dan ide tulisan di blog silahkan baca cara temukan ide dan topik tulisan di blog.

Kedua buatlah kerangka tulisan anda. Maksudnya adalah setiap topik yang anda tulis juga anda berikan judul-judul kecil sebagai gambaan yang akan anda tulis di kemudian hari. Ini juga sangan menghemat waktu karena, anda sudah mempunyai sub judul yang ingin anda tulis, tugas anda nantinya disaat mulai menulis secara lengkap hanya mengembangkan ide-ide yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Ketiga, jangan berhenti menulis walaupun anda kehabisan ide, tuliskan apa saja yang anda ingat di fikiran anda atau bias juga menulis ke sub judul lainnya terlebih dahulu, karena jika anda berhenti maka bias saja anda akan mulai malas untuk mulai menulis kembali. Jika memang benar-benar stuck segera cari ide tersebut di google. Ingat cukup untuk menemukan ide saja, jangan sampai anda dialalaikan ke bacaan tersebut.

Keempat buatlah target menulis anda, misalnya anda harus menulis setiap hari, seminggu tiga kali, atau sehari seminggu yang penting anda punya target dan jadwal yang jelas. Jika tidak punya jadwal jelas, akan susah untuk konsisten dan menulis dan menimbulkan keinginan untuk menunda-nunda dalam menulis di blog

Kelima teruslah latihan walaupun susah, memang diawal menulis dengan cepat itu tidak gampang, namun semakin lama anda latihan makan semakin baik dan semakin cepat pula anda dalam menulis. Ide yang dulu susah anda cari namun karena anda sudah terbiasa menulis ide pun akan mengalir deras secara otomatis. Selain itu kemampuan mengetik pun juga berpengaruh dengan cepat lambatnya anda selesaikan tulisan di blog. Jadi kuncinya adalah latihan, latihan, dan latihan

Ingat walaupun cepat anda juga harus mempertahankan kualitas tulisan anda. Jadi jika anda merasa belum mampu membuat tulisan yang berkualitas dengan waktu yang anda tentukan, maka anda dapat menambah lama waktu menulis anda, namun tentu saja seiiring latihan dan meningkatnya kualitas tulisan anda, target waktu anda pun juga harus anda percepat.

Itulah beberapa trik dalam menulis cepat di blog, semoga dapat membantuk anda membuat tulisan cepat dan berkualitas di blog. Selamat mencoba.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »