macam macam gaya belajar dan menghafal

teknik dan cara meningkatkan ingatan

Pernahkah anda merasa lelah mengikuti tes, karena anda tidak dapat mengingat atau menghafal apa tentang materi ujian. Sebenarnya menghafal itu tidak sesualit yang anda bayangkan kalausaja anda mengetahui teknik yang tepat dalam menghafal. Dalam penggunaan teknik menghafal pun berbeda pada setiap orang tergantung pada tipe pengingat apakah anda. Yang terpenting untuk anda lakukan agar kekuatan hafalan anda meningkat adalah dengan menemukan metode apa yang paling tepat bagi anda. Sehingga menghafal pun akan menjadi sangat mudah bagi anda.

Yang pertama adalah tipe menghafal dengan mendengar. Jika kamu baik dalam mendengar, dan baik dalam menangkap pesan yang diucapkan orang. Maka keungkinan anda adalah orang yang cocok menghafal dengan medengar bukan membaca. Ciri-ciri orang yang cocok menggunakan teknik hafal dengan mendengar diantaranya;
Kamu mampu mengingat dengan baik informasi yang kamu dapatkan melalui percakapan dibandingkan membaca
Kamu adalah orang yang mampu berbicara dengan baik dan mampu membuat percakapan yang menarik lawan bicara
Memiliki bakat di dunia musik seperti medengar irama, tingkat nada dll
Jika anda merasa anda adalah orang yang seperti ini maka anda dapat melakukan hafalan melalui materi yang melibatkan pendengaran anda seperti, penjelasan tv, audio book, rekaman penjelasan dosen, dll.

Selanjutnya ada yang namanya penghafal visual. Penghafal jenis ini cenderung cerdas dalam mengingat suatu bentuk secara visual atau gambaran. Jika dia melihat sesuatu maka dia lebih mudah memahami dibandingkan orang lain. Dalam menghafal orang ini akan sangat mampu dalam menangkap informasi melalui, gambar, diagram dll. Ciri-ciri penghafal visual diantaranya;
Anda biasanya membayangkan secara visual dalam mempelajari sesuatu
Biasanya mampu membaca orang lain dengan baik melalui grak gerik tubuh yang biasanya orang lain tidak akan peka terhadap ini
Ingajinasi anda dalam membuat gambaran sesuatu sangatlah baik
Senang dengan seni yang melibatkan visual seperti lukisan atau gambar.
Jika anda tergolong visual learner maka cara terbaik dalam meningkatkan hafalan adalah dengan memilih tempat nyaman tanpa gangguan visual lain yang dapat mengganggu konsentrasi anda seperti tv, gambaran hiasan visual yang mengganggu konsentrasi, lukisan unik, dll. Kemudian gunakan kode-kode imajinasi dalam belajar bisa dengan mewarnai tulisan yang anda gambar, mengimajinasikan materi yang anda pelajari, sering menulis apa yang ingin anda hafal, dan memberikan poin tersendiri atau kata kunci khusus terhadap materi penting yang ingin anda hafal.

Tipe yang selanjutnya adalah tipe penghafal pembaca. Nah tipe ini yang menurut saya paling praktis, dan orang yang memiliki tipe ini biasanya dikatakan kuat dalam menghafal beruhubung banyak materi hafalan yang memang dari buku. Khusus tipe penghafal membaca saya tidak akan terlalu bahasa lebih detail karena tipe ini sangat meudah dikenali yaitu jika anda bertipe ini anda sangat baik dalam menghafal suatu bacaan andari orang lain. Untuk cara menghafalnya pun tentu sangat mudah yaitu dengan membaca dan mengulang-ulang bacaan anda. Atau bisa juga membaca sambil menghafalnya.

Tipe yang terakhir adalah penghafal kinestetik,dimana ia sangat baik belajar jika dia menyetuh pada sesuatu yang ingin dia ingat. Pelajar kinestetik cenderung penggunakan perasaan dalam mendapatkan hafalan ataupun informasi. Ciri-ciri peghafal kenestetik diantaranya;
Anda belajar dengan baik ketika melibatkan kegiatan langsug terhadap apa yang anda pelajari seperti menyetuhnya langsung.
anda menggunakan gerakan tangan ketika berbicara
anda baik dalam memasak dan menggambar
Konsentrasi anda mudah terganggu dan susah untuk konsentrasi dalam waktu lama
Anda buka tipe orang yang bisa duduk tenang jika anda dapat menyentuh objek yang anda pelajari
Jika anda termasuk peghafal tipe ini maka cara menghafal yang baik bagi anda adalah dengan memilih tempat belajar yang tidak tetap seperti di ruang tamu, dapur, teras dan selalu berpindah-pindah. Anda juga harus membuat benda yang anda hafal menjadi objek yang dapat anda sentuh langsung karena ini sangat bagus dalam memori anda. Kemudian hamper sama seperti penghafal visual, mengualang-ngualang hafalan juga cocok untuk anda.


Nah tipe manakah anda. Silahkan lihat karakter yang paling cocok pada diri anda, dan pilihlah metode menghafal dengan tepat pula.
Previous
Next Post »