membangun kebiasaan belajar yang tepat

cara belajar tepat

Seseorang bisa mahir dalam melakukan sesuatu tentu karena ia belajar. Jika ingin menjadi orang yang berilmu dan dihormati maka belajarlah. Tidak ada kata terlalu awal atau terlalu telat untuk membangun kebiasaan belajar. Semakin awal anda mulai membiasakan untuk belajar, semakin mudah pula anda mendapatkan ilmu yang anda tuntun. Berikut ini ada bebera tips dan cara belajar dengan baik, silahkan baca dan terapkan.

Pertama pilihlah tempat yang nyaman untuk anda belajar. Baik itu dirumah, perpustakaan, taman terbuka dll. Nyatanya tiap orang memiliki perbedaan tentang memilih tempat untuk belajar. Ada yang suka dengan keramaian, ada pula yang suka dengan keheningan tanpa gangguga sedikitpun. Jadi temukanlah tempat yang cocok untuk anda. semakin anda nyaman belajar di tempat tersebut maka semakin baik bula proses belajar anda berlangsung.

Kedua pilihlah waktu yang paling tepat bagi anda dimana anda merasa anda mudah berfikir di jam-jam tersebut. Ada orang yang lebih suka saat pagi hari, ada pula yang merasa lebih maksimal saat malam hari.

Ketiga biasakan untuk belajar setip hari. Jika anda sudah terbiasa belajar setiap hari sebagai rutinitas maka kegiatan positif ini akan dapat terus anda terapkan dan menjadi kebiasaan yang positif pula.

Keempat rencanakan duarasi belajar anda, jangan terlalu lama jangan pula terlalu cepat. Jika terlalu lama anda akan merasa bosan dan belajar pun jadi kurang efektif. Jadi sesuaikanlah durasi belajar sesuai kemampuan konsentrasi anda. Namun jika anda sudah terbiasa dan daya konsentrasi anda dapat bertahan lebih lama, maka tidak ada salahnya menambah durasi belajar menjadi lebih lama.

Kelima silahkan buat daftar yang ingin anda pelajar agar tertata sehingga anda lebih mudah memahami topik belajar tersebut.

Keenam temukan gaya belajar yang paling cocok bagi anda ada yang cocok belajar dengan pendekatan visual, ada audio, adapula kinestetik. Untuk penjelasan lebih rinci mengenai tipe dan gaya belajar silahkan baca di macam-macam gaya belajar.

Ketujuh penting bagi anda untuk melakukan review atau mengkaji ulang tentang sejauh mana pemahaman anda selama belajar. Anda dapat melakukan ingin seminggu sekali. Sehingga ketika anda menemukan ada suatu materi yang belum ada pahami dengan baik, maka anda dapat mengulah sedikit agar pemahaman anda lebih sempurna.

Kedelapan berikan waktu bagi anda untuk bersenang-senang ataupun istirahat. Melakukan refreshing juga penting bagi jiwa anda. Silahkan pergi liburan bersama teman ataupun keluarga untuk sesaat. Anda dapat membuat pengecualian untuk tidak belajar semasa liburan agar fikiran anda kembali fresh. Nah stelah selesai liburan kembalilah ke kebiassaan belajar anda dengan fikiran yang lebih fresh tentunya.

Kesembilan selalu termotivasi dengan belajar jangan pernah menyerah jika mengalami kesulitan. Motivasi adalah bagian terpenting dalam belajar, karena biasanya orang yang belajar tanpa motivasi akan sulit mendapatkan ilmu. Jadi kuatkanlah motivasi anda dengan tujuan untuk menuntut ilmu. Terus berusaha dan pantang menyerah. Ingat belajarlah karena belajar akan memberikan anda ilmu dan meningkatkan derajat hidup anda. Jangan biarkan hidup anda tanpa motivasi, tanpa belajar dan menjadi orang yang sia-sia pula.

Yang terahir adalah jangan sungkan untuk meminta bantuan jika mengalami kesulitan. Dalam belajar tentu anda kan menemukan materi atau topik yang terkadang tidak bisa anda pecahkan sendri. Jadi silahkan tanyakan kepada orang yang lebih ahli ataupun guru anda.
Selamat belajar semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »