penyebab rendahnya pendidikan di daerah

pendidikan di desa terpencil

Saat ini kitidak merataan kualitas pendidikan di daerah menjadi PR besar buat pemerintah. Salah satu factor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah ketidak merataan pendidikan. Jika kita lihat lebih dalam, kualitas pendidikan di daerah sangat jauh ketinggalan daripada di daerah perkotaan. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya anak desa yang putus sekolah dan lebih memilih untuk berkebun atau bertani.

Akibat ketidak merataan ini pemerintah sulit menentukan standar khusus di sekolah. Contohnya saja Ujian nasional sangat menuai kontra dari berbagai pihak dikarenakan standar ujian nasional sangat tinggi bagi pelajar desa. Berikut beberapa penyebab rendahnya pendidikan di daerah perdesaan;

1. Warga desa umumnya memiliki tingkat ekonomi yang rendah
Sekolah tentu membetuhkan biaya yang mungkin akan berat bagi rakyat desa yang hanya bekerja sebagai petani. Sehingga banyak orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya dan lebih menyuruh anaknya untuk bekerja demi membantu kebutuhan keluarga.

2. Kurangnya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya
Banyak warga desa yang merasa mereka tidak butuh pendidikan yang tinggi, yang mereka butuhkan hanya kemampuan untuk bertani dan bertahan hidup di desa tersebut.

3. Letak desa yang terpencil
Susahnya akses masuk ke daerah terpencil tersebut akan berdampak pada pendidikan. Bahkan saat ini banyak anak desa yang harus bersusah payah menyebrang sungai atau hutan untuk dapat pergi ke sekolah terdekat. Tentu hal ini akan mengurangi kenyamanan belajar mengajar.

4. Kualifikasi guru di daerah rendah
Guru di daerah bisa dikatakan sangat kurang. Bahkan banyak guru yang harus mengajar materi pelajaran yang tidak ia kuasai demi menutupi kekurangan tersebut.

5. Sarana dan prasarana pendidikan yang buru
Jika di kota banyak bangunan sekolah yang megah beserta fasititas-fasilitas yang memadai, hal ini sangat bertolah belakang dengan sarana pedidikan di desa. Sangat banyak bangunan sekolah di desa yang sudah tua bahkan sudah tidak layak pakai. Selain itu fasilitas seperti buku, computer, lab, dan fasilitas lainnya tentu tidak sebaik di daerah perkotaan.

Indonesia merupakan suatu negara yang sangat luas. Sehingga tidak heran memiliki banyak daerah-daerah terpencil yang masih susah untuk dijangkau. Dalam hal ini tentu pemerintah akan terus berupaya untuk menyamaratakan pendidikan untuk di daerah terpencil. Semoga saja dengan program-program yang saat ini digagas pemerintah dalam memajukan pendidikan di daerah akan segera dapat memperbaiki polemik pendidikan daerah terpencil.
Previous
Next Post »