seberapa sering menulis di blog

seberapa sering tulis di blog

Pernahkah anda bertanya seberapa seringkah sebaiknya publikasi artikel di blog?
Atau haruskah saya memposting artikel blog setiap hari?

Membuat artikel yang selalu update secara teratur menjadi tantangan besar dari kebanyakan blogger
Nyatanya anda harus melakukan beberapa eksperimen terhadap kemampuan menulis anda, karena setiap orang mempunyai kemampuan berbeda dalam menulis ada yang memakan waktu lama ada yang bisa selesai dalam waktu yang singkat dengan kualitas tulisan yang baik tentunya.

Namun hal ini tentu juga harus dilihat dari tujuan blog anda sendiri? apakah anda ingin membangun sebuah bisnis blog yang besar dan ingin menghasilkan uang? Jika ia maka tentu postingan anda harus lebih sering dan lebih teratur dibandingkan dengan blog yang hanya untuk tulisan pribadi atau hanya untuk iseng saja.

Nah mari kembali ke pembahasan tentang seberapa banyak publis artikel blog. Mari kita hitung banyaknya anda tulisan yang anda buat dalam minggu, karena kalau dalam tingkatan hari saya rasa akan lumayan sulit. Nah, untuk di awal-awal anda mulai membuat blog coba lakukan jadwal posting teratur bisa dimuali dengan sekali seminggu, semakin lama terus ditingkatkan, 2 kali semingguu, kemudian 3 kali seminggu dan seterusnya hingga bisa setiap hari atau lebih sering. Pertimbangkan juga dengan kualitas tulisan anda jangan korbankan kualitas tulisan anda hanya karena anda ingin melakukan publikasi tulisan lebih sering. Update artikel berkualitas seminggu sekali jauh lebih baik daripada publikasi artikel setiap hari namun mengkasihkan tulisan tidak berkualitas dan tidak bibaca orang.

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah kedisiplinan dan keteraturan dalam menulis. Faktanya, melakukan update yang teratur tidaklah semudah yang anda bayangkan, anda akan banyak menghadapi ritangan-rintangan. Jika anda merasa anda tidak mampu melakukan update seperti jadwal yang anda rencanakan makan sebaiknya anda mencoba untuk mengurangi jadwal post anda misalnya jika jadwal saat ini anda melakukan post seminggu 3 kali cobalah turunkan menjadi seminggu 2 kali.

Usahakan juga jangan tidak update lebih dari seminggu karena anda akan kesulitan untuk menemukan ritme dalam menulis dan akan menyebabkan ada bosan dan tidak lagi mengupdate blog. Jadi paling kurang usahakan update seminggu sekali. Kemudian ketika anda merasa kemampuan menulis anda sudah meningkat dan anda percaya kalau anda mampu konsisten dengan menambah jadwal update, maka silahkan tambahkan.

Jangan lupa anda harus konsisten dan memiliki jadwal khusus karena ini akan menguntungkan blog anada diantaranya anda akan mendapatkan banyak pengunjung setia karena mereka sudah tau bahwa anda akan selalu update pada jadwal tertentu. Sebaliknya jika ada tidak punya jadwal khusus maka blog anda terkesan tidak konsisten dan mereka tidak tau kapan artikel anda update.

Tetapi bagaimana jika suatu waktu anda sibuk dan tidak bisa melakukan update pada jadwal tertentu? Jangan khawatir jika anda pengguna blogger maka anda dapat melakukan post terskedul yang artinya post akan di update otomatis pada tanggal yang anda tetapkan. Selain itu cara lainnya  dengan  mengusahakan untuk membuat posting lebih sebagai cadangan dimanaka anda memiliki kesibukan di dunia nyata dan tidak sempat melakukan update blog maka anda dapat mengambil cadangan tadi.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan tadi tentang seberapa seringkah untuk update artikel blog? jawabanya adalah tergantung dari kemampuan menulis anda? Jika memang sanggup silahkan update setiap hari, jika tidak sanggup yah tentu bisa dikurangin sesuai kemampuan anda. Yang terpenting adalah konsistensi dan jadwal khusus dalam update artikel blog. Satu hal yang perlu anda ingat adalah jangan pernah memaksakan diri update setiap hari jika anda tidak mampu melakukannya. Alasannya karena ini akan mengurangi kualitas dari tulisan anda sendiri, sehingga akan membuat pengunjung tidak puas dengan isi blog anda. Usahakan pula artikel yang anda buat jelas dan lengkap. Untuk mengetahui seberapa ideal panjang tulisan di blog anda juga dapat membaca panjang tulisan di blog.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pertanyaan seberapa seringkah posting artikel di blog, semoga dapat membantu agan-agan dalam memajukan blog.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »