tulisan pendek vs tulisan panjang di blog

tulisan pendek vs tulisan panjang

Ketika membuat tulisan di blog, pernahkah anda berfikir apakah tulisan yang panjang lebih baik daripada tulisan pendek. Pertanyaan ini tentu saja muncul bagi para blogger yang ingin mencoba membuat tulisannya terkenal dan muncul di halaman pertama google. Baiklah sebenarnya hal ini masih dalam perdebatan di kalangan master blog. Dikarenakan artikel panjang ataupun artikel pendek mempunyai kelebihan dan kekurangan masih-masing diantaranya;

Artikel Panjang

Atikel akan memiliki penjelasan yang lebih mendalam tentang suatu topik yang jadi pembahasan

Membuat para pembaca akan bertahan lama di blog, sehingga akan menurunkan efek dari bounce rate

Lebih berpeluang untuk di share ke berbagai situs karena kandungan informasinya lebih lengkap

Diutamakan oleh google dan lebih memiliki banyak kata kunci

Artikel pendek

Mudah dijadikan bacaan santai karena tidak terlalu panjang sehingga disukai sebagian pembaca

Mudah ditulis karena tidak panjang, dan bisa di lakukan setiap hari dalam waktu singkat

Aritkel terlihat lebih prfesional jika disajikan dengat singkat, padat dan jelas

Cocok untuk penulis yang malas


Dari penjabaran diatas jelas tulisan pedek maupun panjang memiliki keunggulan masing-masing. Intinya adalah artikel panjang itu lebih unggul jika memang penyajiannya harus panjang dan dibutuhkan penjelasan yang mendalam. Jadi jangan malas menulis panjang ya  jika memang harus panjang. Jika masih merasa malas, silahkan baca motivasi agar rajin menulis blog. Namun pajang tidak juga selalu lebih baik karena artikel pendek itu sangat bagus jika semua poin-poin penulisannya jelas dan tidak banyak basa-basi yang tidak berguna.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, Apakah anda lebih cocok pada artikel pendek atau malah lebih cocok untuk artikel panjang? Jika anda bingung anda lebih cocok menulis artikel pendek atau panjang maka silahkan coba lakukan penelitian tentang tulisan anda. Lihat pada statistik blog, artikel apa yang paling banyak dikunjungi dan memberikan trafik ke blog anda. Jika rata-rata yang paling banyak dikunjungi adalah artikel yang anda tulis dengan pendek dan singkat maka bearti artikel pendeklah yang cocok untuk anda. Sebaliknya jika artikel panjang anda lebih banyak dikunjungin daripada artikel ringkas yang anda buat maka artikel panjang yang lebih cocok bagi anda.

Ingat baik atau buruknya suatu tulisan bukan hanya sekedar panjang tulisannya namun lebih pada isi dan gaya penulisan tersebut. Jadi jangan heran artikel yang panjang tidak selalu menjadi peringkat 1 di google.

Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »