mengapa tidak ada klik iklan di blog? ini penyebabnya

penyebab tidak ada klik iklan dan ctr rendah

Mungkin anda bertanya-tanya setelah anda membuat blog dan mendapatkan pengunjung, namun mengapa iklan yang anda pasang tidak ada yang klik. Sebenarnya anda tidaklah sendiri, rata-rata masalah ini sering dialami oleh para blogger. Namun ada juga beberapa blogger yang mendapatkan banyak klik atau CTR yang tinggi karena mereka pintar dalam mengatur tampilan iklan dan blog. Untuk itu ada dibawah ini akan saya uraikan beberapa penyebab umum mengapa iklan anda jarang mendapatkan klik pengunnjung.

1. Niche blog kurang mendukung
Percayalah bahwa niche blog atau topic dari suatu blog sangat mendukung jumlah CTR atau klik iklan. Alasannya adalah, sebagian niche blog yang dikunjungi para veteran internet akan sangat sulit untuk medapatkan klik, contoh saja blog yang memiliki niche tutorial blog atau google adsense, tentu sudah pasti kebanyakan pengunjungnya adalah para blogger yang sudah tau tampilan iklan yang dirasa tidak perlu untuk di klik. Berbeda halnya dengan niche yang menargetkan pengunjung orang awam internet, sebut saja blog tentang resep masakan, yang mengunjunginya adalah ibu-ibu tentu saja ibu-ibu akan tertarik ketika melihat iklan tentang kosmetika dll, sehingga jumlah klik iklan pun akan tinggi.

2. Penempatan iklan kurang tepat
Penempatan iklan sangat perlu sobat perhatikan, jika iklan sobat letakkan di bagian yang sulit terlihat dari pembaca, maka peluang klik pun akan kecil. Usahakanlah untuk memasang ikan di tempat yang sering terlihat, contohnya di dalam posting, ataupun di header. Namun perlu juga sobat perhatikan unuk tetap mematuhi kebijakan penyedia iklan dalam menempatkan iklan, ada sebagian penyedia yang melarang penggunaan kode melayang, popup, dan sebagainya.


3. Blog tidak responsive dan mobile friendly
Saat ini dengan kehadiran smartphone, sudah banyak pengguna internet yang langsung browsing melalui gadget, alasannya tentu karena lebih simple dan tidak repot. Untuk itu bagi sobat yang belum menggunakan template blog rensponsive segera ganti template agar iklan di iklan sobat dapat terlihat dengan baik di smartphone, sehingga peluang untuk di klik pun akan meningkat.

4. Kurang pengunjung
Mungkin ada sobat-sobat yang ingin mendapatkan 10 klik dari 10 pengunjung, naming anda tidak kunjung mendapatkan hal itu. Jika ini yang anda harapkan maka sampai kampanpun anda tidak akan pernah mendapatkan hasil klik sebanyak itu, kecuali pengunjungnya kenalan anda semua. Realita yang perlu anda ketahui bahwa, persentasi klik di blog itu sangatlah rendah, jika dari 100 pengunjung ada 1 klik saja itu sudah bias dikatakan sangat baik. Jika anda melihat ada orang yang meraih banyak klik dari blog, maka sebenarnya mereka telah memperolah pengunjung yang ribuan bahkan bias sampai puluh ribuan baru mendapat jumlah klik yang lumayan. Itupun kalau lagi beruntung, kalau lagi sial, bias saja klik mereka pun akan sangat rendah.

5. Loading blog lambat
Kalau blog anda loading nya lambat ditambah loading google adsense maka bisa jadi pengunjung sudah duluan pergi sebelum membaca artikel anda dan melihat iklan. Oleh karena itu ada baiknya anda mempercepat loading kecepatan blog agar pengunjung betah, dan melakukan klik iklan. Semakin cepat makan semakin baik.

Ingat untuk memperoleh penghasilan dari iklan online tidaklah gampang, dibutuhkan usaha keras dan ketekunan. Untuk itu walaupun jumlah klik iklan masih sangat sedikit ayo tetap berusaha, dan pantang menyerah karena sebenarnya keberhasilan sudah menunggu kita.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »