meningkatkan kemampuan indra penciuman

indra penciuman hidung

Ada banyak alasan mengapa orang menginginkan agar indra penciuman hidungnya meningkat. Salah satu alasannya adalah karena ingin lebih menikmati aroma makanan. Kelezatan makanan tentu saja dipengaruhi dari aroma makanan tersebut. Banyak orang yang suka makanan dipengaruhi oleh aroma, begitu juga sebaliknya karena aroma sebagian orang langsung tidak ingin memakannnya padahal sebenarnya ia belum merasakan makanan itu dengan lidahnya. Faktanya kemampuan mencium juga akan menurun karena faktor usia, selain itu juga ada beberapa gangguan yang menyebabakan penurunan penciuman, sehingga membutuhkan bantuan medis. Tetapi ada cara sederhana untuk meningkatkan indra penciuman hidung diantaranya;

Cobalah lebih sensitif dengan apa yang sudah anda cium, jika dilatih kemampuan penciuman anda akan meningkat, hal ini sama layaknya seperti kemampuan otot yang dilatih. Silahkan coba deskripsikan perbedaan-perbedaan bau pada setiap makanan yang anda cicipi.

Selalu berolah raga teratu karena ada penelitian yang membuktikan bahwa olah raga meningkatkan kemampuan indra penciuman. Olah raga juga membantu anda untuk mempertahankan penciuman anda di usia lanjut.

Latih hidung anda sehingga membuat penciuman anda lebih sensitif, cobalah mencium hal yang kurang anda sukai seperti, kopi, durian, pisang, sabun, dll. Kemudian anda banyangkan dan tandai setiap bau yang berbeda tersebut.

Konsumsilah makanan bergizi terutama yang mengandung zinc dan vitamin B12. Bisa didapat dari makanan alami ataupun dengan bantuan supplement.

Jika anda punya masalah pada organ hidung cobalah konsultasikan ke dokter, seperti alergi dan flu. Dokter akan memberikan obat-obatan sehingga dapat membuat penciuman anda lebih baik.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »