kerja dulu atau kuliah dulu? mana yang lebih baik

pilih bekerja dahulu atau kuliah duluan

Saat selesai dari SMA mungkin kita akan bertanya-tanya ingin melanjutkan kemana apakah ingin langsung ke dunia kerja atau ingin kuliah dulu. Saya yakin bagi kebanyakan siswa baru,pasti belum terfikir untuk langsung bekerja, alasannya tentu beragam ada yang ini merasakan dunia perkuliahan, berkumpul dengan teman-teman, ingin merasakan jadi mahasiswa yang bias ikut kegiatan-kegiatan kampus, dan sebagainya.

Tentu saja jika kita lihat secara sepintas kuliah mungkin memberikan peluang masa depan yang lebih cemerlang daripada langsung bekerja, apa ini benar?

Jawaban di atas tidak bisa disalahkan sepenuhnya, namun pada realitas saat ini mencari pekerjaan setelah tamat kuliah sangatlah sulit. Namun apakah sebaiknya tidak kuliah? tentu saja tidak, lantas apa yang baik dipilih antara kuliah ataupun bekerja? Jawabannya adalah pilihlah bekerja jika memang ada peluang.

Peluang disini maksudnya adalah, jika memang anda mempunyai peluang atau panggilan untuk berkerja saat selesai sekolah menengah maka pilihlah untuk bekerja. Jangan pernah hanya mengandalkan ijazah sarjana anda. Saat ini ada jutaan sarjana di seluruh Indonesia yang berjuang untuk menembus sempitnya lapangan kerja. Yang lebih ironis adalah,banyak sarjana yang bahkan memenggunakan ijazah SMA nya dikarenakan instansi atau perusahaan tidak membukan jurusan-jurusan kuliah yang ia selesaikan.

Untuk itu pemilihan jurusan kuliah juga sangat penting anda lakukan. Jangan hanya iseng-iseng memilih jurusan kuliah karena hal ini akan sangat mempengaruhi masa depan anda.
Selain itu anda juga perlu mengingat bahwa jika nada bekerja nada pun masih bisa untuk melanjutkan pendidikan dengan izin dari atasan anda, bahkan mungkin perusahaanlah yang akan membiayai perkuliahan anda.

Jadi kesimpulannya adalah mengingat sempitnya lowongan pekerjaan saat ini, maka memilih bekerja daripada kuliah adalah pilihan yang mungkin lebih tepat. Tentunya dengan syarat pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang prospek masadepannya jelas, buka pekerjaan yang hanya sebatas pegawai kontrak atau pekerjaan yang belum bisa memenuhi kebutuhan hidup anda.

Nah itulah beberapa tips bagi anda yang sedang bingung memilih bekerja atau kuliah terlebih dahulu. Namun tentunya keputusan  sepenuhnya ada di tangan anda, pilihlah yang menurut anda paling baik. Tips diatas hanya sekedar menjadi gamaran untuk anda perimbangkan, semoga bermanfaat.




Artikel Terkait

Previous
Next Post »