penyebab terjadinya gerhana matahari

fakta dan penyebab terjadi gerhana matahari

Nah pada kesempatan kali ini kita akan memabahas suatu fenomena alam yang unik yaitu gerhana matahari. Walaupun fenomena ini jarang terjadi, banyak masyarakat yang penasaran dengan penyebab terjadinya gerhana matahari beserta alasan ilmiahnya. Untuk itu mari kita bahas penyebab dan fakta-fakta unik tentang gerhana matahari.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa alam menyajikan berbagai mancam fenomena unik dan menarik. Salah satunya adalah gerhana matahari. Gerhana matahari adalah fenomena alam yang terjadi akibat terhalangnya sebagian atau seluruh cahaya matahari yang jatuh di area tertentu karena posisi bulan yang tepat berada diatas wilayah tersebut. Gerhana matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari dapat terjadi dua hingga lima kali dalam satu tahun, setiap tahunnya frekuensi gerhana matahari terjadi secara teratur. Gerhana matahari memiliki kecenderungan untuk kemali diulang dalam sebuah siklus setiap delapan belas tahun sebelas hari dan delapan jam. Siklus ini sendiri disebut sebagai siklus saros. Pada saat terjadinya gerhana matahari, terutama gerhana matahari total atau cincin, cahaya dari matahari yang disebut dengan fotosfer akan bersinar dengan sangat terang. Tanpa kita sadari cahaya terang ini dapat merusak retina mata manusia, apabila kita melihat gerhana secara langsung.Akibatnya sering terjadi gangguan penglihatan pada mata manusia.

 Fenomena pada kehidupan di bumi akibatterjadinya gerhana matahari diantaranya adalah, pasang surut air laut. Selain itu hewan-hewan tertentu seperti ikan merik, cumi, mereka berkumpul dan bergelombol bersama dengan kelompoknya. Gerhana matahari tidak dapat terjadi melebihi 7 menit 40 detik. Terjadinya gerhana matahari ternyata memberikan berbagai macam efek pada kebiasaan dan kebudayaan masyarakat masa lalu, ada yang memukul kentongan dan membuat kegaduhan serta bunyi-bunyian dengan tujuan mengusir raksasa pemakan matahari agar memuntahkan kembali matahari yang ditelannya.

Nah itulah bebrapa fakta unik dari gerhana matahari. Dengan ilmu pengetahuan yang memadai saain ini, maka banyak masyarakat yang sudah mengetahui penyebab terjadinya fenomena tersebut, dan mulai meninggalkan kebiasaan atau mitos-mitos masa lalu yang tidak berlandaskan logika. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »