cara belajar toefl secara otodidak


Baiklah kawan-kawan semua, kali ini saya akan memberikan cara dan trik untuk belajar toefl secara sendiri atau otodidak tanpa ada guru. Untuk belajar toefl secara otodidak sebenarnya mudah dan tidaklah sulit seperti yang teman-teman bayangkan. Yang kawan butuhkan sebenarnya hanya 2 syarat yaitu ketekunan dan Bahasa inggris dasar. Tanpa ketekunan maka kawan akan susah untuk menguasai toefl begitu pula dengan kemampuan Bahasa inggris.

Sebelum belajar toefl, teman-teman harus memastikan dulu bahwa teman-teman sudah mempunyai kemampuan Bahasa inggris tingkat dasar. Atau sebut sajalah kemampuan Bahasa inggris level anak sma. Mengapa demikian, alasannya adalah agar teman-teman bias memahami instruksi-instruksi yang ada di buku toefl. Tentu saja mustahil rasanya untuk belajar toefl kalau instruksinya saja teman-teman sudah tidak tau.

Jika kawan masih merasa level bahasa inggrisnya masih sangat buruk, maka saya sarankan untuk belajar dulu yang dasarnya, paling tidak kawan sudah mengerti lah membaca teks pendek dalam Bahasa inggris dulu. Baru setelah itu lanjut ke belajar toefl. Namun jika kawan memang langsung ingin belajar ke toefl maka harus ada gurunya. Karena kalau mau belajar toefl ototdidak memang harus punya kemampuan Bahasa inggris dasar dahulu. Kecuali kalau kawan emang jenius lain lah yaa.

Baik nah kembali ke pembahasa awal. Untuk belajar toefl secara otodidak maka terlebih dahulu kawan harus membuat jadwal khusus belajar. Kawan harus menyediakan sejam minimal sehari untuk belajar toefl. Kalau seminggu ada 7 hari maka saran saya buatlah jadwal libur sehari untuk refresing, tapi kalau mau full juga boleh sih. Namun yang paling penting yang perlu diingat adalah jangan pernah menghianati jadwal ya kawan, karena kalau sekali aja dihianati nanti malasnya ketagihan lo. Bisa bisa nanti sudah tidak mau belajar lagi. Kecuali yang memang ada hal yang penting.

Nah apakah kawan sudah siap dibagian jadwal ini. Sebenarnya di bagian inilah yang paling fatal. 70% berhasil atau tidaknya belajar toefl kawan ada di jadwal ini. Kalau kawan tekun saya yakin pasti berhasil kawan, percaya kawan yang penting kita tekun oh ya jangan lupa berdoa juga.

Selanjutnya setelah kawan sudah punya jadwal yang fix maka, silahkan kawan bagi lagi jadwalnya. Oh ya di toefl itp itu ada 3 bagian kawan yaitu listening, structure, dan reading. Jadi tinggal kawan bagikan aja. Misalnya kawan bagi jadwalnya hari ini belajar topic listening, besok structure, besoknya lagi reading dan begitulah terus di hari-hari selanjutnya. Oh ya mengenai bagian-bagiannya nanti bisa kawan liat di buku toeflnya.

Nah ceritanya kan kita sudah punya jadwal fix dengan topic-topic yang mau dipelajari ni, selanjutnya kawan perlu buku pegangan ni. Nah sebenarnya buku pengangan apa saja boleh namun saya menyarankan kawan untuk mengambil yang Toefl longman atau cliff juga boleh. Nanti kawan coba google deh toefl longman for paper based. pasti ketemu ntar beberapa buku toefl. Nah kawan boleh cari tu di took-took buku atau kalau mau pesan online juga ada.

Nah setelah punya buku pegangan sekarang yang kawan lakukan tinggal belajar deh. Kalau mau lebih seru boleh ajak kawan yang memang serius mau belajar. Jadi bisa belajar sama-sama. Tapi ingat harus yang serius jangan yang suka main, karena kalau yang suka main pasti ujung-ujungnya batal belajar toeflnya.

Setelah kawan selesai belajar semua part dari buku tadi, maka saatnya kawan melakukan test. Di buku itu juga ada tesnya, jadi silahkan kawan coba langsung dan lihat skorenya. Nanti disana ada diajarkan cara menghitung nilainya. Yang paling penting ya, kawan belajar harus sesuai dengan instruksi di buku ya, terutama masalah waktu. Kawan harus ikuti instruksi waktu yang ada dibuku karena nanti kalau tidak biasa dengan waktu susah waktu ujian asli. Ingat ujian toefl itu sangat pelit waktu, jadi harus dibiasakan.

Kalau skornya sudah oke, nah baru deh kawan-kawan coba tes toefl di tempat lain. Kalau belum ya coba belajar ulang lagi di bagian-bagian yang nialinya paling rendah.  Setelah itu ambil tes di buku lagi sampai nilainya mencapai target.

Nah kalau sudah yakin dan siap segera ambil tes aslinya. Bisa juga coba yang prediksi dulu deh kalau emang masih belum 100% yakin hehe.  Nah setelah itu taraaaa dengan belajar tekun skor toefl yang diharapkan pun tercapai. Hatipun pasti senang karena hasil belajar selam ini sudah tiba hehe.

Oke sekian dulu ya kawan mengenai cara belajar toefl, saya sudah capek ngetiknya hehe. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan yaaa, bye-bye selamat belajar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »