menggunakan time clauses dan if clauses untuk masa depan


Tentu kita sudah mengenal yang namanya adjective clauses dan noun clauses. Nah kali ini kita akan membahas time clauses. Time clauses sendiri bentuknya masih clauses alias belum menjadi kalimat sempurna. Oleh sebab itulah, time clauses umumnya dimulai dengan when, before, after, as soon as dll.

Nah pada kesempatan ini kita akan mengupas bagaimana cara menggunakan time clauses dan if clauses untuk mengungkapkan suatu kejadian di masa depan atau future time.

Saat belajar future tense tentu kita sudah pahami mengenai penggunaan will dan be going to. Namun ketika menggunakan time clauses dan if clauses saat menyatakan untuk kejadian yang akan datang will dan be going to tidak digunakan. Mari kita lihat contohnya.

Before I join the club tomorrow, I am going to do my homework.

Mari kita lihat dari kalimat diatas, kita ketahui bahwa before I join the club tomorrow adalah time clauses. Sedangkan I am going to do my homework adalah sebuah kalimat dan bukan clausa.

Jadi coba kita perhatikan time clausesnya yaitu   Before I join the club tomorrow . Lihat tidak ada penggunaan will dan be going to karena berbentuk clausa walaupun ada kata tomorrow yang menyatakan masa depannya.

Jadi salah jika teman membuat kalimat seperti dibawah.

Before I am going to join the club tomorrow, I am going to do my homework

Karena rumusnya adalah time clauses untuk menyatakan masa depan tidak menggunakan will dan be going to melainkan menggunakan rumus simple present.

Mari lihat contoh lainnya dengan menggunakan if clauses

If you come to my home tomorrow, I am going to cook noodles.

Sama bukan, tidak ada pemakaian will dan be going to pada if clausesnya.


Mengenail posisi time clausesnya juga bisa di belakang contoh:

Andi will give you the book when he goes to school tomorrow.

Nah bagaimanapun posisinya yang perlu diingat adalah saat menggunakan time clauses maupun if clauses untuk menyatakan masa depan maka pada clausesnya tidak menggunakan will dan be going to.

Nah teman-teman sekalian dan demikian penjelasan singkat tentang penggunaan time clauses dan if clauses untuk menyatakan masa depan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »