negara paling kaya dan makmur di dunia

negara terkaya di dunia
Singapura

Negara manakah yang paling kaya di dunia saat ini? sebagian besar akan menjawab Amerika Serikat ya asumsi ini bisa saja muncul karena banyak orang yang beranggapan bahwa Amerika Serikat adalah negara adidaya yang memiliki ribuan perusahaan besar kelas dunia dan juga dihuni oleh miliarder kelas kakap seperti Bill Gates ataupun Mark Zuckerberg. Amerika Serikat memiliki pendapatan nasional terbesar dan sering dijadikan tolak ukur perekonomian bagi setiap negara didunia namun untuk menentukan negara terkaya di dunia, digunakan berbagai metode dan kalkulasi tertentu.

Secara sederhana cara untuk menentukan kesuksesan suatu Negara adalah dengan membagi tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya. Berbagai lembaga keuangan moneter internasional telah melakukan riset hingga laporan terakhir yang dipublikasikan lembaga tersebut maka diperolehlah daftar 5 negara terkaya di dunia.

Qatar adalah salah satu negara di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil Jazirah Arab. DI sebelah selatan  Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi dan sisanya dibatasi Teluk Persia. Di abad ke-19 perekonomian masyarakat Qatar bertumpu pada industri perikanan dan mutiara yang kemudian mulai menurun di tahun 1930-an setelah industri perikanan dan mutiaranya mendapatkan saingan dari Jepang. Jepang berhasil mengembangkan dan membudidayakan mutiara yang mampu menang dari Qatar. Namun transformasi ekonomi terjadi pada tahun 1940-an ketika di Negara Qatar ditemukan cadangan minyak bumi yang melimpah. Sampai saat ini Qatar menjadi salah satu pengekspor minyak bumi dunia. Negara yang beribukota di Doha ini berhasil memperoleh pendapatan nasional lebih dari 165 miliar Dolar. dalam data laporan pendapatan GDP per kapita Qatar adalah 129726 dolar ini artinya rata-rata penduduk di negara tersebut dalam setiap tahunnya memperoleh penghasilan sekitar 1,7 miliar rupiah atau kurang lebih 150 juta Rupiah per bulannya.

Luxemburg, negara kecil dengan luas sekitar 2586 km persegi ini memiliki pendapatan nasional hebat yakni lebih dari satu miliar dolar dan pendapatan GDP per capita 101936 dolar. Negara Luxemburg ini dikelilingi oleh tiga negara maju yaitu Prancis Jerman dan Belgia menjadikannya selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya. Terbukti dengan penggunaan 3 bahasa resmi yaitu Prancis Jerman dan Luxemburg. Negara ini mempunyai tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah. Dari sektor industri kebanyakan didominasi oleh Perindustrian baja dan karet. Pendapatan rata-rata penduduk yang setiap tahun adalah 1,3 miliar rupiah atau sekitar 110 juta Rupiah per bulan.

Singapura, Negara yang terletak diujung Selatan Semenanjung Malaya ini memiliki luas tak lebih dari 716 km persegi atau lebih kecil dari pulau Bali dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa. Letaknya yang strategis menjadikan negara Singapura sebagai salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan dan pendapatan negara yang pernah bergabung dengan Malaysia tersebut berasal dari sektor pelayanan jasa industri kimia dan beberapa sektor ekonomi lainnya. Negara Singapura sebagai salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan dan pendapatan negara yang pernah bergabung dengan Malaysia tersebut berasal dari sektor pelayanan jasa industri kimia dan beberapa sektor ekonomi lainnya. Singapura merupakan yang paling tinggi kesuksesannya di antara negara-negara lain yang masuk dalam wilayah Asia dihitung dalam pertumbuhan infrastruktur recruitment pekerja dan indikasi sosial pendapatan GDP perkapita Singapura dilaporkan telah mencapai tingkat 87082 US Dollar.

Brunei Darussalam, Selain Singapura negara kecil di Asia Tenggara yang tergolong negara makmur adalah Brunei Darussalam. Ekspor minyak mentah dan gas bumi menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan Brunei Darussalam sejak 80 tahun lalu Negara yang beribukota di Bandar Seri Begawan tersebut tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair terbesar di dunia selain itu perekonomian mereka juga digerakkan oleh berbagai perusahaan dalam dan luar negeri serta didukung oleh pemerintahan yang kuat. Wajar saja jika negara yang memiliki luas 5765 km persegi ini punya pendapatan perkapita 79710 US Dollar.

Kuwait, dilaporkan sebagai salah satu negara muslim terkaya di dunia dengan catatan tingkat GDP per capita mencapai 71263 US Dollar. Kekayaan yang dimiliki oleh negara monarki ini 95% berasal dari ekspor cadangan minyak mentah dunia yang mencapai 10% atau sekitar 104 juta barel. Selain itu dari sektor jasa keuangan negara yang memakai mata uang dinar ini juga dikenal memiliki sistem perbankan yang baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »