fakta dan proses terbentuknya pelangi

fakta-fakta tentang pelangi


Tentu kita mengenal pelangi, ya salah satu pemandangan indah penuh dengan warna ini yang selalu kita temui di atas langit ini memang suatu fenomena alam yang menarik untuk dicermati. Tentu terkadang kita ingin bertanya, sebenarnya bagaimana terbentuknya pelangi secara ilmiah? apakah hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmial. Ya tentu saja ada. Pelangi dapat terjadi diakibatkan oleh beberapa hal. Untuk itu mari sama-sama kita membahas, fakta-fakta tentang pelangi yang perlu kita ketahui beserta penyebab dan proses pembentukannya.

Pada umumnya orang mengira warna pelangi hanya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Tetapi sebenarnya pelangi terdiri dari seluruh warna yang ada di dunia, namum mata manusia tak sanggup untuk membedakannya dan pelangi pun tenyata memiliki beberapa jenis, ada pelangi awan, yang terbentk dari butiran-butiran kecil air yang ada di awan dan udara lembab tanpa terjadinya hujan terlebih dahulu.

Lalu ada juga pelangi kembar yang tidak sama dengan pelangi ganda, fenomea yang jarang sekali terjadi ini, terbentuk oleh kombinasi antara butiran-butiran air yang kecil dan besar yang berjatuhan dari udara ke tanah. Kedua bentuk butiran air tersebut kemudian secara bersamaan membentuk dua pelangi berbeda dalam satu titik lengkung yang sama.

Selain itu ada juga pelangi pantulan dan terpantulkan. Pelangi terpantulkan terjadi karena cahaya dibawakan oleh tetesan air. Sementara pantulan terjadi ketika cahaya dipantulkan oleh air. Lalu ada juga roda pelangi. Terbentuk ketika awan hitam atau hujan deras terjadi, sehingga menutupi cahaya yang bersinar kearah kita. Pelangi tersebut membentuk sebuah roda dengan lingkaran yang dekat, namun hanya akan terlihat ketika awan bergerak semakin menjauh dari arah pandang kita.

Nah sudah jelas bukan, jadi sebenarnya pelangi itu dapat dijelaskan secara ilmiah loo. Warna-warna pelangi pun yang indah sebenarnya terdiiri dari banyak warna. Jadi jika di lagu hanya menyebutkan merah, kuning, hijau, maka mungkin agar mudah dijelaskan dan dipahami ke anak-anak, mumpung memang lagu pelang-pelangi untuk anak-anak hehe. Nah semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »