penjara paling mengerikan di dunia


Sebenarnya sebuah tempat yang dikatakan penjara adalah tempat dimana orang-orang yang ditahan karena melakukan berbagai tindakan kejahatan akan dibina agar enyadari kesalahan dan menjadi individu yang lebih baik kelak ketika ia bebas. Namun beberapa penjara di dunia ini ternyata jauh dari kata membina bahkan dari kata manusiawi sekalipun. Tindak-tindakan seperti menyiksa secara sikis, penjara dengan fasilitas yang tak layak, bahkan membiarkan orang sakit begitu saja adalah beberapa yang dilakukan oleh penjara-penjara berikut ini, dan inilah beberapa penjara yang paling mengerikan di dunia.

1. Penjara bangkwang thailand
Sebagai penjara yang paling menakutkan di dunia yang pertama. Penjara ini bisa dikatakan sudah tidak layak lagi, dikarenakan karena penuh dan sesak, juga karena kurangnya tenaga sipir. Selain itu kehidupan di dalam penjara tersebut terbiasa menghukum napinya secara fisiologis ketimbang fisik. Setiap tahanan baru, harus mewati 3 bulan pertamanya dengan kaki dirantai besi. Sementara jatah makanan hanya sekali sehari yakni sup dan nasi. Selain itu pula di penjara bangkwang fasilitasnya sangat minim, termasuk perawatan kesehatan terhadap napi pun hampir tidak pernah ditangani. Dan penara ini adalah tempat bagi mereka yang akan mendapat vonis hukuman mati. Mereka akan diberitakan dua jam sebelum hukuman suntik mati dijalankan. Tak heran jika banyak napi yang mengalami gangguan jiwa akibat stres.

2. Penjara IDS florence supermax colorado
Penjara ini di desain sedemikian rupa untuk mencegah para napi kabur atau melakukan serangan kepada penjaga tahanan. Maka tempat ini merupakan penjara berperingkat tertinggi dari segi keamanan atau biasa disebut dengan kriminalitas kelas kakap yang telah berkali-kali masuk penjara seperti pembunuh berantai dsb. Sehingga para napi diisolasi serta mengalami penyiksaan psikologis yakni selama 23 jam hanya dihabiskan di dalam cellnya. Selama lebih dari 13 tahun beroperasi dikabarkan ada dua orang tawanan meninggal.

3. Penjara karandiru brazil
Penjara karandiru adalah tempat pembunuhan terbesar dalam sejarah dengan jumlah total yang meninggal tertinggi akni lebih dari 1300 napi meninggal akibat disiksa. Aturannya pun sangat ketat, para sipir menembaki para napi yang membangkang atau tidak patuh pada aturan di dalam penjara. Pembunuhan bermula dari meletusnya perang antar geng didalam penjara tersebut yang melibatkan banyak narapidana. Sebenarnya saat itu banyak napi yang telah menyerah dan meminta perlindungan polisi, namun polisi justru menembaki mereka. Perlakuan tidak manusiawi dari pihak kepolisian itulah memicu protes dimana-mana. Termasuk amnesti internasional yaitu organisasi non pemerintah internasional yang berhubungan denganhak asasi manusia. Karena pelanggaran ham yang sangat berat akhirnya penjara ini didtutup tahun pada tahun 2002.

4. Penjara lazabaneta venezuela
Penjara lazabaneta ini kekerasan tercermin sehari-hari ditunjang dengan fasilitas yang sangat minim, membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar, yakni menu makanan yang jauh dari sederhana serta hampir tidak ada dokter jaga di tahan tersebut, tak heran jika wabah kolera atau penyakit penular di saluran pencernaan ini telah memakan korban sekirar 700 napi. Pada januari 1994 lalu terjadi bentrokan antara sipir dan napi yang masing-masing menggunakan senjata tajam dan senjata api. Tercatat 108 tahan meninggal dan pada tahun 1995 tercatat 196 napi meninggal karena disiksa oleh sipir. Para staf penjara yang malas mengurusi napi memicu napi leluasa berbuat semaunya. Mereka berkelahi bahkan membunu sesama napi.

5. Penjara La santee
Di penjaraini terjadi perkauan tidak manusiawi dan kesewenangan pengelola penjara membuat kehidupan napi benar-benar tidak berharga. Perbudakan antara sipir ken napi, atau sesama napi sudah menjadi kegiatan rutinitas di penjara ini. Tak heran jika napi tidak tahan dengan kondisi ini yang berakhir dengan bunuh diri atau mengalami gangguan jiwa. Kecenderungan bunuh diri ini dipicu karena kondisi hidup yang mengerikan.

6. Penjara pulau alkatras
Penjara ini adalah penjara yang berada di pulau yang terkenal dengan julukan pulau setan. Pulau ini dahulu adalah benteng pertahanan militer di san francisco California. Kemudian dijadikan penjara dengan kemanan super ketat. Penjara yang dibangun pada tahun 1920an ini menjadi penjara yang terisolasi dari dunia luar. Pejabat penjara yang arogan, sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi, mewarnai hari-hari para napi disana, maka tak heran banyak napi yang terkena gangguan jiwa akibat tekanan psikologis tersebut. Mereka diarang untuk berkomunikasi dengan napi lain, dilarang mengeluarkan emosinya, dipaksa untuk diam, dan hak-hak sebagai manusia telah dicabut, hingga khirnya penjara ini ditutup pada tahun 1963 dan kini telah dijadikan objek wisata.

7. Penjara tadmor suriah
Korban jiwa di penjara ini sudah tak terhitung jumlahnya. Kekerasan di tanmor begitu mengerikan dan benar-benar tak kenal ampun. Pembunuhan terjadi pada tahun 1980 yakni sesudah percobaan pembunuhan pada president al hassad yang juga merupakan tahanan disana yang membuat narapidana terpaksa membayar mahal sehingga memicu tindak para prajurit menewaskan sekitar 500 orang ditawanan disel. Para napi tersebut meninggal seketika dan tidak dapat menyelamatkan diri. Karena para sipir merantai kaki mereka di sel akhirnya penjara tadmor ditutup sementara pada tahun 2001. Namun dibuka kembali pada juni 2011.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »