cara merawat printer agar awet dan tahan lama

cara merawat printer agar awet dan tahan lama

Keluhan utama dari para pengguna printer adalah, daya tahan printer itu sendiri. Banyak para pengguna printer yang menyayangkan akan kualitas printer mereka yang buruk, sehingga baru beberapa pulan pakai sudah rusah. Sebenarnya ada dua alasan utama yang mempengaruhi daya tahan printer itu sendiri, yaitu kualitas printer dan perawatan printer. Mengenai kualitas printer mungkin saya tidak akan membahasnya karena terkesan akan mempromosikan suatu produk tertentu. Anda dapat menanyakan secara langsug kepada penjual printer itu sendiri. Biasanya kualitas tidak akan berbanding jauh dari harga. Nah karena kita tidak membahas tentang kualitas, yang akan kita kupas kali ini adalah bagaimana cara merawat printer komputer agar awet dan tahan lama. Berikut ada beberapa hal yang perlu anda ketahui agar printer anda terjaga keawetannya dan lebih tahan lama.

1. Gunakan printer secara rutin dan berkala
Pasti anda heran mengapa printer di rumah anda sangat cepat rusak, sedangkan printer di perkantoran ataupun di tempat umum sangat tahan lama.Ya alasan utamanya karena printer di tempat umum maunpun di perkantoran selalu digunakan secara berkala. Jika printer anda didiamkan dalam waktu yang lama maka biasanya tinta akan mengeras, sehingga menyebabkan printer menjadi terputus-putus bahkan bisa juga tersembat secara keseluruhan hingga printer anda tidak dapat digunakan sama sekali.

2. Gunakan kertas yang baik
Penggunaan kertas juga sangat berpengaruh dengan daya tahan printer anda, oleh karena itu gunakanlah kertas yang baik, dan bukan kertas bekas apalagi kertas yang sudah terlipat ataupun rusak.

3. Berikan jeda untuk prnter
Jangan paksakan printer untuk melalkukan print 200 halaman sekaligus, ini akan memaksa kinerja printer hingga dapat menyebabkan kerusakan komponen. Oleh sebab itu jika memang anda harus melakukan print dalam jumlah yang cupkup banyak, maka ada baiknya untuk melakukannya secara bertahap alias tidak sekaligus.

4. Gantilah tinta berkualitas yang sesuai dengan printer anda
Biasanya setiap printer memiliki jenis tinda-tinta tertentu yang support. Ada baiknya anda membaca buku pedoman printer anda tentang tinta yang sesuai dengan printer anda. Mengganti tinta yang tidak support memang terkadang memungkinkan, namun biasanya hasil cetakan tidak akan sebagus tinda yang didukung. Selain itu penggunaan tinta yang tidak sesuai terkadang memberikan masalah-masalh pada hasil cetakan anda. Jadi sebaiknya selau gunakan tinda yang sudah direkomendasikan sesuai dengan jenis printer anda.

5. Lakukan perawatan rutin pada prnter anda
Rawatlah prnter anda dengan baik, jangan biarkan kotoran-kotoran masuk kedalam print karena benda-bedan asing dapat mengganggu kinerja dari printer itu sendiri. Selain itu anda dapat menggunakan fitur clean head pada menu properties di control panel, agar dapat mencegah tinta printer menjadi tersumbat.

Nah itulah beberapa tips cara menjaga printer agar tetap awet dan tahan lama, jika anda memnemukan masalah yang tidak dapat anda atasi, maka sebaiknaya segera membawa print ke tempat servis, jangan biarkan print anda menganggur dalam waktu yang lama, karena dapat membuat tinta menjadi membeku dan akan sulit untuk diperbaiki nantinya. Terakhir, jangan mematikan printer secara paksa, lakukanlah secara benar, karena biasanya setiap kali anda mematikan printer, maka secara otomatis printer akan melakukan pembersihan head sebelum off secara total.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »