tahap tahap belajar bahasa inggris

8/21/2021

Level dan tahap-tahap belajar bahasa inggris

belajar bahasa inggris

Belajar suatu bahasa, tentu membutuhkan waktu dan usaha. Jika ada orang yang mengaku ada cara menguasai bahasa inggris dalam waktu seminggu atau bahkan sebulan, tentu hal ini adalah bohong. Kecuali mungkin jika orang tersebut adalah orang sangat-sangat genius dan saya rasa orang yang pintar sekali pun juga butuh waktu belajar.

Memang tahapan seseorang dalam menguasai bahasa inggris itu berbeda-beda tergantung banyak faktor. Misalnya kalau orang yang memang sudah memiliki dasar bahasa inggris tentu dia tidak butuh terlalu lama lagi belajar untuk mencapai tingkat mahir. Berbeda halnya dengan orang yang memang mau belajar dari nol, tentu waktu yang dibutuhkan pun juga akan lebih lama.

Selain itu, faktor intelegensi atau tingkat kepintaran seseorang juga berpengaruh. Bahkan lingkungan atau tingkat motivasi belajar pun akan sangat menjadi penentu dalam belajar bahasa inggris. Ketika kita ingin belajar bahasa inggris maka secara umum kita bisa membaginya ke dalam 3 kategori. Yaitu:

  • Basic ( dasar / pemula )
  • Intermediate ( level menengah )
  • Advance ( tingkat mahir )

Basic ( Pemula )

Untuk tingkat basic (dasar) kita sebaiknya belajar mengenai tenses bahasa inggris terlebih dahulu dan dibarengi dengan belajar memperbanyak kosa kata dasar bahasa inggris. Yang saya maksud kosa kata dasar di sini adalah kata-kata yang paling umum kita gunakan sehari hari misalnya, makan, minum, tidur, haus lapar, rumah dll. Untuk membantu belajar kosa kata kalian, maka saya sarankan coba di baca-baca kata-kata di sini regular verb bahasa inggris.

Selanjutnya mari kita bahasa ke belajar tenses. Untuk tenses agar memudahkan kawan-kawan saya sudah tulis versi lengkapnya dengan penjelasan yang mudahnya di sini 16 tenses lengkap bahasa inggris. Mengapa saya suruh belajar tenses, karena tenses adalah bahan baku untuk menyusun sebuah kalimat. Baru setelah memahami tenses kita bisa mencoba menyusun kalimat dan lebih mudah memahami suatu kalimat.

Jika sudah memahami tentang tenses, kalian juga perlu belajar grammar atau aturan tata bahasa dalam bahasa inggris. Berikut aturan tata bahasa yang bisa kalian pelajari di sini grammar bahasa inggris dasar.

Intermediate ( Menengah )

Kemudian setelah kalian punya bekal kosa kata dasar, dan kemampuan tenses yang mumpuni disertai dengan pengetahuan grammar, kalian mungkin sudah masuk ke kategori level 2 yaitu intermediate atau level menengah. Di level menengah ini kalian sudah mulai mampu menyusun kalimat sederhana dan juga bisa memahami bacaan atau pembicaraan sederhana dalam bahasa inggris. Jika sudah merasa masuk ke tahap ini maka yang perlu kalian lakukan adalah memperbanyak kosa kata dengan membaca. 

Jika kalian sudah bisa memahami bacaan dasar dalam bahas inggris maka kalian bisa menambah kosa kata kalian dengan cara memperbanyak membaca. Bagaimana caranya, silahkan dibaca pada penjelasan yang sudah saya jabarkan di cara menebak kata bahasa inggris. Selain itu kalian juga perlu mempertajam 4 skill utama bahasa inggris yaitu reading, listening, speaking dan writing. Silahkan baca artikel di bawah ini untuk meningkatkan tiap-tiap skill tersebut.

  1. Cara belajar reading
  2. Cara belajar listening
  3. Cara belajar speaking
  4. Cara belajar writing

Nah jika sudah belajar ke 4 skill utama tersebut, maka tidak ada salahnya untuk kalian mencoba mengambil tes kemampuan bahasa inggris baik itu IELTS atau pun TOEFL untuk mengetahui sudah sampai di level manakah kemampuan bahasa inggris kalian. Jika sudah mencapai skor tinggi maka bisa saja kalian sudah berada di level mahir alias advance.

Advance ( Mahir )

Yang terakhir, jika hasil tes kemampuan bahasa inggris kalian sudah menunjukkan di level advance atau mahir, maka yang paling perlu kalian lakukan adalah menjaga kemampuan kalian. Karena jika kemampuan bahasa lama tidak di jaga atau di asah, maka dia bisa menurun. Itulah mengapa tes kemahiran bahasa punya masa berlaku yang umumnya 2 tahun. Selain menjaga kemampuan bahasa inggris di level advance, tidak ada salahnya juga untuk kalian terus meningkatkan kemampuan kalian hingga bisa menjadi setingkat dosen bahasa atau bahkan ahli bahasa yang sudah di atas level native speaker. Namun saya sendiri belum bisa mencapai level ini. Semoga saja kita semua bisa mencapai nya dengan usaha tentunya.

Jadi demikianlah sedikit penjelasan saya mengenai level dan tahap-tahap belajar bahasa inggris. Semoga bisa membantu kawan-kawan semua dan bisa sedikit memberikan motivasi untuk terus belajar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon