pengertian dari listing, sequence, camparison contrast dan cause effect

4/25/2012
Dalam membaca artikel bahasa Inggris tidak salahnya apabila kita mengetahui bentuk-bentuk kalimat atau rumus-rumus bacaan dari artikel tersebut. Selain itu hal ini juga sangat membantu kita dalam memahami suatu bacaan. Nahh berikut ini terdapat 4 bentuk umum suatu artikel yaitu listing, sequence, comparison contrast, dan juga cause effect... Naah berikut penjelasannya...



1. Listing

Pada bentuk listing, penulis akan membuat daftar pendukung kalimat, yang tujuannya menjelaskan main idea atau ide utama dari tulisannya tersebut, contoh kata-kata dari listing biasanya seperti, other, still other, a few people, dan banyak lagi. Berikut adalah contoh dari sebuat kalimat yang menggunakan patterns listing.


           In many country there are many kind of punishment for the corruptors. Some country use the jail punnishment for the corruptors, and make sure they will stay a long time in jail. A few country in Asia like to use death penalty for that bully. And others prefer to cut their hand for the punishment.


Nah dapat kita lihat bersama bahwa semua kalimat setelah main idea (In many country there are many kind of punishment for the corruptors) semuanya adalah daftar-daftar yang mendukung atau memberi detail pada main idea atau ide utamanya, seperti some, a few country, others semua menjelaskan tentang main idea pada kalimat tersebut.


2. Sequence

Pada rumus sequence penulis biasanya memberikan kata kata yang mengikuti satu dengan lainnya. Misalnya pada biografi seseorang atau pada suatu sejarah yang biasanya pada main ideanya atau ide utamanya terdapat kisah atau kejadian yang dijelaskan secara lanjut berlanjut contoh:



I was born in Aceh in 1993, in 1999 i come to elementary school. then in 2006 I'm in junior high school,  3 years later I was study in high school, after that in 2011 until now, I'm studying in Unsyiah Banda Aceh.

Nah jelas bukan pada sequence penulis sering memberikan tahun, then, after that, yang semuanya secara terus berlanjut. Begitulah kira kira bentuk kalimat dari sequence.



3. Comparison contrast

Pada bentuk comparison contrast penulis bertujuan untuk menjelaskan perbedaan atau persamaan pada di dalam paragraph yang ia tulis. Contohnya:


European people think between Indonesia and Malaysia have a similarities, especially in face and body shape, but on the other hand two country also have a difference Indonesia has many cultural than malaysia, such as papua, aceh, padang etc.


Nah jelas terlihat bahwa pada alwal teks penulis menceritakan persamaan antara malaysia dan indonesia, tetapi penulis juga mengemukakan bahwa terdapat perbedaan pada Indonesia yang memiliki banyak kebudayaan dibanding Malaysia, itulah yang dimaksud dengan Comparison contrast.

 




4. Cause effect

Pada bentuk ini penulis menerangkan sebab dari akibat yang ditimbulkan dari sesuatu hal contoh:

In new era many student don't study by the book, they prefer to use internet connection to study, but all are not perfect, In the internet many game or the entertaiment things just like facebook, myspace etc. And the research have prove that the student spend their time to facebook, nor to study, and it cause many lazy student in this era.


Nah dapat kita lihat bahwa karena disebabkan pembelajaran dengan penggunaan internet mengakibatkan banyaknya siswa yang lalai dengan hiburan di internet sehingga membuat mereka menjadi malas.


Begitulah ciri ciri dari bentuk cause effect yang memberikan sebab dan akibat yang ditimbulkan..


Nah itulah 4 rumus umum reading di dalam bahasa inggris. Tentunya selain dari rumus diatas, untuk penulisan yang lebih baik juga diperlukan pengetahuan yang baik tentang tenses. Untuk pembelajaran tenses lengkap dan mendetail anda dapat membacanya di  16 tenses lengkap Bahasa inggris.

semoga bermanfaat....












Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 komentar:


EmoticonEmoticon