Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan


Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam membangun bangsa. Dengan hadirnya pendidikan maka akan hadir pula generasi-generasi muda yang memiliki kemampuan dalam berbagai bidang yang dapat membangun bangsa. Terkait dengan pindidikan di Indonesia tentu pendidikan kita sudah berkembang dan lebih baik dari yang dulu.

Namun sayangnya jika dibandingkan dengan Negara-Negara lain pendidikan kita masih tergolong rendah hal ini dibuktikan dari beberapa hasil survey bahkan ada yang menyebutkan Indonesia berada pada urutan ke 12 asia dari 12 Negara asia. Alasan nya pun beragam diantararanya, karena daya saing pelajar rendah, kualitas guru dan pengajar, kurang meratanya pendidikan, dsb.
Menanggapi hal ini, tentu pemerintah tidak tinggal diam, ada banyak usaha-usaha yang telah dilakukan pemerintah di dunia pendidikan Indonesia diantaranya.

1. memberikan bantuan beasiswa kepada tenaga pengajar Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan gratis hingga ke luar negeri. Dengan tujuan yang tentunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

2. Meningkatkan kualitas dan mutu tenaga pengajar, seperti dibelakukannya PPG atau pendidikan profesi yang melatih kemampuan guru secara khusus selama kurang lebih setahun. Saat ini PPG ditetapkan sebagai syarat untuk menjadi guru. Dengan kehadiran PPG tentu kemampuan dan mutu dari seorang pengajar akan meningkat.

3. Menyediakan anggaran yang cukup banyak dalam dunia pendidikan seperti BOS, bantuan operasional sekolah, bantuan bidik misi, bantuan Imbal Swadaya dan masih banyak lagi.

4. Melakukan revisi dan memperbaiki kurikulum yang dirasa kurang berdampak pada kemajuan pendidikan. Telah banyak terjadi revisi kurikulum hingga saat ini.

5. Pemerintah meningkatkan kesejahteraan guru dengan memberikan dana bantuan sertifikasi, bahkan pendapatan guru bias meningkat 2 kali lipat. Selain itu khusus untuk guru daerah terpencil akan diberikan dana tambahan khusus.

6. Mengirim tenaga pengajar ke daerah, daerah terpencil, agar dapat membantu ketertinggalan pendidikan di daerah tersebut. Contohnya  saja dibentuknya program Indonesia mengajar dan SM3T.

7. Membangun sarana dan prasarana pendidikan baik itu sarana dalam bidang teknologi maupun sarana lain yang dapat meningkatkan kenyamanan proses belajar mengajar.


Selain hal-hal diatas mungkin masih banyak lagi usaha-usaha pemerintah yang tengah di gencarkan demi mutu pendidikan yang lebih baik. Mari sama-sama kita doakan semoga pendidikan di Indonesia akan terus membaik hingga dapat menyaingi pendidikan di tingkat dunia.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »