sifat yang harus dimiliki seorang guru


Guru adalah seorang yang akan menjadi contoh teladan bagi siswa-siswinya. Hal ini tentu menjadi sebuah kewajiban bagi seorang guru untuk memiliki sikap-sikap yang baik agar dapat menjadi contoh yang baik pula. Oleh karena itu ada beberapa sifat atau karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru diantaranya;

Sopan dan santun
Bagaimana muridnya sopan jika gurunya saja tidak sopan. Nah sopan dan satun adalah suatu hal yang harus melekat pada seorang guru baik sopan dalam berbicara maupun dalam tindakan sehari hari.

Sabar dan bijaksana
Dalam menghadapi siswa tentu guru dituntut untuk dapat bersikap sabar dan bijaksana. Guru harus mampu mengendalikan emosinya dalam segala hal terutama ketika menghadapi siswanya. Guru yang sabar dan bijaksana tentu akan dicintai oleh siswa-siwanya.

Adil
Melakukan tindakan diskriminatif adalah hal yang terlarang bagi seorang guru. Saat dikelas guru harus selalu adil dan tidak membeda-bedakan siswanya kaya, miski, cantik, jelek semuanya harus mendapatkan perhatian yang sama.

Berwibawa dan bermartabat
Agar disegani dan dihormati oleh murid, tentu guru harus bermartabat dan berwibawa. Gruru tidak boleh dianggap rendah dan remeh oleh muridnya. Karena jika hal ini terjadi maka guru akan mengalami kesulitan dalam memanajemen siswa.

Rapi
Dari segi berpakaian tentu guru dituntut lebih sopan dan rapi. Sehingga murid akan memberikan contoh yang positif kepada sang murid.

Berwawasan yang luas
Wawasan yang luas adalah keharusan bagi seorang guru. Tidak hanya wawasan pada bidangnya guru juga harus memiliki pengetahuan umum yang baik. Sehingga dengan hal ini guru akan selalu siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari murid yang ditujukan padanya.

Nah demikianlah sifat-sifat yang harus dan wajib dimiliki oleh seorang guru. Jika pembaca memiliki tambahan sifat lainnya, silahkan tulis di komentar.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »