tenses bahasa inggris lengkap

7/10/2017

Tenses merupakan pelajaran yang paling mendasar di dalam Bahasa Inggris. Tanpa tenses dan aturan kebahasaan tentu kita akan susah memahami Bahasa inggris baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.
Jika ditanya apa sebenarnya fungsi dari tenses, tentu jawabannya adalah untuk mengidentifikasikan waktu. Maksudnya adalah secara garis besar tenses dalam Bahasa inggris dibagi kedalam 3 kategori waktu yaitu, Past (lampau) Present (saat ini) Future (yang akan dating)

Umumnya di Indonesia ketika kita ingin mulai belajar bahasa Inggris kita akan di kenal kan dengan yang namanya tenses dalam bahasa inggris. Lebih gampang nya tenses adalah aturan kebahasaan di dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya misalnya kita ambil contoh pengertian simple present tense. Simple present tense atau sering disebut juga dengan present simple ini digunakan ketika kita ingin menyatakan suatu fakta, kejadian yang berulang-ulang, atau bisa juga untuk mengungkapkan suatu opini. Dari contoh di atas sudah jelas bahwa tense artinya suatu aturan bahasa.

Sama halnya juga misalnya ketika kita mempelajari past simple tense. yang menyatakan suatu kejadian yang sudah terjadi pada waktu yang spesifik. Dan hebatnya lagi di bahasa inggris ada aturan khusus yang cukup lengkap untuk mengungkapkan suatu kejadian yang terjadi di waktu yang berbeda misal simple future untuk menyatakan suatu kejadian di masa depan, hingga present perfect tense untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah terjadi tanpa waktu yang spesifik. 

Namun tidak hanya di situ, tenses yang barusan saya sebutkan di atas hanyalah bagian paling dasarnya. Nanti rumusan tersebut memiliki cabangnya lagi seperti misalnya future continuous tense yang bisa kita katakan turunan dari simple future dan masih banya contoh-contoh lainnya. Langsung ke topik bahasan, secara umum ada 16 tenses bahasa inggris, namun yang paling sering di gunakan hanya 12 tenses. Berikut tenses lengkap b inggris beserta contoh tenses tersebut.

Oh ya tidak perlu terburu-buru menguasai semuanya yang penting belajar dengan konsisten. Disarankan juga untuk menghafal kosa kata kerja mendasar baik kata kerja yang beraturan (regular verb) maupun kata kerja yang tidak beraturan(irregular verb) di sini:


2. Daftar kata irregular verb (kata kerja tidak beraturan)


Berikut daftar 16 tenses lengkap dalam bahasa Inggris.

















Nah itulah 16 tenses-tenses Bahasa inggris lengkap . Walaupun jumlahnya 16 namun hanya sampai 12 tenses yang umum digunakan, sedangkan di bawah nya biasanya digunakan untuk conditional sentence. Ingat tenses sangat penting untuk menguasai Bahasa inggris terutama ketika writing atau menulis dimana tenses memiliki peran yang penting dalam penyusunan kalimat. Selamat belajar, semoga sukses.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon