penyebab rambut rontok

Rambut merupakan mahkota penting baik bagi laki-laki maupun perempuan. Kerontokan rambut tentu sangat menggangu penampilan seseorang. Oleh karenanya kita perlu menjaga rambut agar tetap sehat sehingga tidak mudah rontok. Tidak hanya itu seseorang yang memiliki rambut yang sehat akan terlihat lebih muda. Begitu pula sebaliknya orang yang memiliki rambut tidak sehat dan rontok akan terlihat lebih cepat tua.
Ada dua mancam kerontokan rambut yaitu:
1. Kerontokan normal.
Kerontokan normal adalah rontoknya rambut pada masa tertentu yang mana rambut anda yang rontok akan diperbaharui dengan yang baru. Ini terjadi pada setiap orang. Biasanya rambut anda akan rontok berkisaran antara 30 sampai 100 helai per harinya. Dan kemudian rambut akan tumbuh digantikan dengan yang baru.

2. Kerontokan tidak normal
Kerontokan yang tidak normal terjadi karena jumlah rambut yang rontok lebih banyak daripada jumlah rambut yang tumbuh. Lama kelamaan jika kejadian ini terus berlanjut maka anda akan mengalami kebotakan.

Nah sekarang saatnya untuk kita mengetahui apa sebenarnya penyebab rambut menjadi rontok berlebihan.

1. Penyakit
Penyakit dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ada banyak macam penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut seperti tifus, lufus, diabetes dll. Oleh karenanya usahakan selalu menjaga kesehatan anda. Begitu juga dengan penyakit yang terjadi pada kulit kepala anda seperti ketombe, kurap, dan lainnya. Usahakan kepala anda selalu bersih agar tidak menimbulkan penyakit yang menyebabkan kerontokan.



2. Perawatan rambut
Perawatan yang salah sangat berakibat fatal bagi rambut. Gunakan shampo, minyak rambut, atau bahan perawatan lainnya yang benar-benar sesuai dengan kulit kepala anda. Jika anda merasa berketombe atau gatal segera tinggalkan alat perawatan tersebut. Oleh karenanya sebaiknya ada berkonsultasi ke dokter agar mengetahui perawatan yang tepat bagi rambut anda. Selain itu sebaiknya anda tidak sering mengganti ganti shampo dan minyak rambut anda.  Putuskan sampo khusus yang terbaik dan gunakan itu setiap saat.
Saran: biarkan rambut anda tumbuh sesuai apa adanya, jangan terlalu sering menggunakan pengering atau pelurus rambut dan juga pewarna.


3. Kurangnya nutrisi dan olahraga
Nutrisi sangat penting bagi tubuh begitu juga rambut. Rambut membutuhkan makanan dan vitamin yang baik dari dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan nutrisi tentu rambut juga akan kekurangan makanannya. Ini sangat sering terjadi ketika seseorang yang menjalani program diet yang mengurangi pola makannya secara drastis sehingga nutrisi yang diperoleh tubuhnya pun ikut berkurang seperti  zat besi dan protein yang mana sangat dibutuhkan rambut. Selain itu olah raga juga menjadi peran penting dalam mencegah rambut rontok. Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kurangnya kadar testosteron. Oleh karenanya kita harus selalu cukup olah raga dan dapat meningkatkan kada testosteron di dalam tubuh.


4. Stress
Stress juga dapat menyebabkan kerontokan. Ketika stress kita akan menghasilkan suatu hormon yang memudahkan rambut untuk dapat rontok. Oleh karenanya banyak kita melihat para professor yang mengalami kebotakan. Karena sering stress dalam menggali ilmu.

5. Keturunan
Keturunan merupakan suatu penyebab kerontokan rambut. Oleh karenanya jika anda melihat garis keturunan anda mengalami kebotakan, sebaiknya anda melakukan perawatan sebaik-baiknya memberikan vitamin yang rutin, dan selalu menjaga kesehatan anda.


Nah itulah cara dan pencegahan agar rambut tidak rontok


Previous
Next Post »