cara menghilangkan jerawat


 
Siapa yang tidak tahu dengan jerawat. Jerawat bisa dikatakan sebagai penyakitnya seorang remaja. Karena pada saat mencapai usia puber pertumbuhan jerawat berada pada puncaknya. Jerawat itu mungkin bisa dikatakan juga sebagai bisul kecil yang memiliki cairan nanah di dalamnya. Ini terjadi diakibatkan tersumbatnya pori-pori pada wajah.

 Ada beberapa jenis jerawat antara lain:


Jerawat Kista
 Jerawat kista  ini sangat terlihat biasanya disertai dengan rasa sakit dan akan menimbulkan bekas.


Jerawat Nodule
Jerawat nodule  ini juga menimbulkan rasa sakit dan memiliki bentuk yang besar dan bertekstur padat.


Jerawat Pustule
Jerawat pustule Jerawat ini berwarna merah dan didalamnya terdapat nanah yang mengeras.


Jerawat Papule
Jerawat papule biasanya berwarna merah jambu dan ukurannya kecil.


Jerawat Komedo
  Jerawat komedo biasanya tumbuh di dekat hidung.

 Jerawat jika banyak harus segera ditanggapi dengan serius. Karena jerawat dapat menimbulkan bekas hitam dan berlubang yang akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Nah sebelum kita membahas cara menghilangkan jerawat ada baiknya terlebih dahulu mengetahui penyebab-penyebab timbulnya jerawat.
Beberapa penyebab timbulnya jerawat antara lain:

1. Faktor keturunan
Faktor genetik adalah penyebab yang sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu jika orang tua anda memiliki jerawat maka anda berpeluang besar untuk menderita penyakit tersebut. Orang yang memiliki garis keturunan berjerawat sangat rentan terhadap penyakit ini. Oleh karena itu kebersihan muka dan makanan harus sangat diperhatikan.

2. Kuman
Nah mengapa jerawat sering terjadi ketika seseorang menjalani masa puber. Ini diakibatkan oleh kuman yang lahir ketika produksi hormon androgen yang meningkat ketika puber sehingga menghasilkan minyak yang membuat bakteri berkembang biak di wajah yang menimbulkan iritasi sehingga terbentuklah jerawat.

3. Kosmetik dan obat-obatan
Mungkin ada telah tergiur dengan iklan di tv yang mengatakan bahwa produk mereka sangat ampuh untuk memperindah wajah. Memang mungkin itu benar tetapi belum tentu produk tersebut serasi dengan kulit anda.
Penggunaan yang salah malah akan berakibat lebih buruk pada wajah anda. Oleh karenanya sebaiknya konsultasi ke dokter ahli terlebih dahulu agar mengetahui obat yang sesuai untuk kulit anda.

4. Kontak dengan benda yang kotor
Benda-benda kotor yang banyak bakteri juga merupakan suatu penyebab terjadinya jerawat. Oleh karena itu jauhkan benda-benda luar dari muka anda, seperti telepon genggam atau alat pendengaran yang ditempelkan di muka.

5. Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang membersihkan muka, makan makanan yang tidak baik, kurang minum air putih, tidur tidak teratur juga dapat menimbulkan jerawat.

Nah itulah beberapa penyebab umum tentang jerawat, lantas bagaimana cara menghilangkannya, nah tidak usah khawatir berikut ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri yaitu cara alami untuk menghilangkan jerawat di wajah:

1. Lakukan dulu perubahan dari dalam dengan menghentikan konsumi makanan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dan memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran juga buah-buahan.

2. Ketika anda ingin menggaruk jerawat dan terasa sangat memanas gunakan es batu dan tempelkan pada jerawat anda ini akan membantu anda untuk menghilangkan rasa gatal dan sakit juga dari keinginan untuk memicit jerawat yang dapat menimbulkan bekas.

3. Gunakan bahan-bahan alami yang membantu menghilangkan jerawat seperti bawang putih yang dihaluskan dan dioleskan pada jerawat, atau anda dapat juga menggunakan getah lidah buaya untuk dioleskan ke jerawat.

4.  Biasakan tidur tepat waktu dan hindari stress yang berlebih yang mana ketika stress kelejar minyak di wajah akan meningkat yang mana dapat memperbesar kemungkinan timbulnya jerawat.

5. Selalu membersihkan muka anda dari debu polusi dan bekas kosmetik dengan menggunakan pembersih muka. Semoga bermanfaat.

Nah demikian lah penyebab timbulnya jerawat dan juga cara untuk mengatasinya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »