cara menulis paragraf yang baik

cara menulis pargraf bahasa inggris, indonesia

Dalam menulis paragraf Bahasa inggris ataupun Bahasa Indonesia ada beberapa langkah-langkah yang dapat kita lakukan sehingga tulisan kita terlihat lebih terstruktur dan mudah dipahami. Tulisan yang baik tidak hanya benar pada penataan Bahasa saja tetapi ada banyak aspek yang akan dipertimbangkan diantaranya kemampuan dalam membuat sebuah pemikiran, perencanaan, pemeriksaan, dan melakukan revisi. Kali ini kita akan membagi beberapa langkah dalam latiahan menulis.

Nah pertama tama, silahkan temukan ide tulisan yang anda ingin tulis, apa saja. Temukan terlebih dahulu judul besarnya. Selanjutnya silahkan anda buat poin-poin penting yang terlintas di fikiran anda tenteng judul pesar yang anda pikirkan tadi, contohnya:

Judul besar: Pesawat

Poin-poin: Pesawat bias terbang, Pesawat punya sayap dan ekor, pesawat dikendalikan oleh pilot, pesawat, pesawat memakain bahan bakar, berbagai fungsi pesawat, dll.

Nah setelah anda mendapat poin poin silahkan anda kembangkan poin-poin tadi contoh:

Poin: Pesawat bias terbang

Kembangkan: Pesawat adalah salah satu penemuan pertama di dunia yang memiliki kemampuan untuk terbang di undara. Dengan pengembangan teknologi kini pesawat dapat menerbangkan manusia ke berbagai penjuru dunia.

Nah setelah anda kembangkan seluruh poin-poin yang anda tulis sekarang saatnya anda menulis secara keseluruhan hingga menjadikannya sebuat teks yang terstruktur dengan rapi. Saat melakukannya jangan lupa gunakan kata penghubung atara sauatu pin ke poin yang lain agar tulisan terlihat lebih professional.Selain itu saat menulis kembali disarankan untuk melakukan pengecekan-pengecekan tata Bahasa yang anda tulis sebelumnya, agar jika terjadi kesilapan anda dapat segera memperbaikinya.

Nah yang terakhir di akhir paragraf jangan lupa memberikan kesimpulan atau inti dari keseluruhan poin-poin anda, sehingga teks yang anda tulis memiliki alur yang bagus dan mudah dipahami pembaca. Selain itu and juga harus mempunya pengetahuan tata Bahasa yang baik lihat di cara meningkatkan kemampuan Bahasa inggris dan 16 tenses Bahasa inggris lengkap

Dalam membaca dan menulis tentu kita tidak asing dengan yang namanya paragraf. Intinya adalah, Paragraf itu suatu kumpulan kata kata yang menjelaskan atau menerangkan berfokus pada suat topik. Topik di dalam suatu paragraf hanya memiliki suatu ide atau makna. Terkadang dalam setiap paragraf memiki suatu judul besar. Judul besar biasanya bukanlah suatu kalimat yang lengkap terkadang bias hanya satu kata, berikut contohnya

Contoh judul besar

  1. Technology
  2. Mobile phone
  3. Submarine
  4. The walking dead
  5. Going to America
Nah itulah contoh-contoh judul besar, nah berikut ini adalah contoh sebuah paragraf dari salah satu judul besar diatas.


Mobile Phone

         Mobile phone is a new technology developed from a telephone. In the past people called others through telephone to telephone which is connected by a cable. Now, by using a mobile phone everybody can talk anywhere without cable. This technology use a radio signal to connect and make a call. People could use this gadget anywhere in office, home, school, park, etc. As long a signal is available people can make a call to other. So the technology og mobile phone provide human to be able to communicate easily.

Nah diatas adalah contoh sebuah paragraf singkat dengan judul besar mobile phone. Dapat kita lihat bahwa semua  kata-kata berfokus pada mobile phone.


Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »