cara jadi atlit hebat


Menjadi seorang atlit tidak cukup hanya dengan berolah raga dengan baik. Atlit tidak hanya baik pada aspek olah raga tetapi juga mental dan fikiran, sehingga gabungan keduannyalah yang menjadikan atlit hebat melebihi olahragawan biasa. Artinya dengan cara menggabungkan fikiran positif dengan latihan olah raga disertai pola hidup sehat maka tidak diragunakan lagi kemapuan dan keuatan fisik anda akan meningkat seperti seorang atlit. Untuk itu ada beberapa cara untuk melatih fisik anda layaknya seorang atlit, berikut diantaranya:

Berlatihkan dengan instruktor yang dapat membimbing olah raga anda. Anda mungkin beranggapan bahwa kemampuan fisik anda sudah sangat baik dan cocok untuk berolahraga dengan cara apapun, namun tentu saya sangat lebih baik untuk memiliki opini dari pelatih yang sudah berpengalaman.
Pelatih dapat membantu anda untuk mencapai target anda dan selalu fokus untuk mencapainnya. Pelatih juga mampu memberikan cara-cara terbaik agar anda tidak cedera. Banyak instruktor yang mampu bekerja dengan baik karena dia akan menyesuaikan kemampuan badan anda, teknik, dan aspek-aspek latihan lainnya yang mungkin tidak anda ketahui. Selain itu dengan istruktor anda akan mendapatkan menu latihan yang sudah terprogram dan tertata dengan rapi. Anda hanya perlu memilirkan kehadiran dan kedisiplinan anda dalama berlatih bersamanya.

Untuk mencapai tingkat atletik anda harus fokus pada bagian yang paling lemah pada diri anda. Berlatih dengan tim memang penting, tetapi anda juga harus yakin untuk belatih sendiri dalam meningkatkan bagian terlemah anda. Diskusikan ke intruktor anda tentang cara meningkatkan bagian yang anda rasa paling lemah pada diri anda.

Terapkan di pikiran anda apa yang akan anda raih di masa depan. Atletik yang hebat selalu punya gambaran bagaimana kesuksesan yang akan dia raih dimasa depan walaupun itu belum terjadi saat ini. Hal ini tentunya akan memberikan motivasi hebat dalam berlatih.

Atlit yang hebat tak hanya peduli tentang latihan semata tetapi juga punya rasa hormat terhadap semua bagian dari olah raga termasuk lawan tanding. Seorang atletik harus mampu mengontrol emosi dan tidak marah berlebihan ketika suatu kesalahan terjadi.

Tentu seorang atletik arus menjaga pola makannya demi fisik dan kekuatan maksimal seperti, mengkonsumsi cukup air, cukup nutrisi, dan cukup istirahat.

Selalu usahakan untuk tepat waktu dalam berlaith sesuai dengan jadwal anda. Katakanlah  anda mulai latihan pada pukul 9 maka anda sudah siap dengan pakaian anda sebelum jam 9.

Selalu fokus saat anda berlatih, jangan sampai fikiran anda ke tempat lain atau bahkan menghayal.

Ketika sudah selesai dengan sesi latihan yang lupa untuk melakukan tahap pendinginan. Tahap pendinginan baik untuk mengembalikan kekuatan otot dan metabolisme. Selain itu pendinginan juga baik untuk menenangkan fikiran dan setelah melakukan latihan keras.

Temukanlah olah gaya yang paling kamu senangi karena dalam latihan kamu akan merasa senang dan tidak tertekan jika sesuai dengan kesenangan. Melakukan olah raga sesuai dengan ketertarikan anda juga akan mengurangi rasa stress yang membuat anda olahraga lebih baik.

Jika menjadi atletis penting bagi diri anda maka anda harus menyediakan waktu banyak untuk latihan. Dengan kata lain jadikanlah olahraga sebagai prioritas anda.

Dan yang terakhir adalah tentukan target anda ketika latihan. Silahkan buat buat tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin anda raih dimasa depan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »