tips mengatasi insomnia tanpa obat

cara mengatai insomnia alami

Ada berbagai macam alasan yang membuat orang susah untuk tidur. Kabar baiknya masalah insomnia adalah masalah yang umum terjadi pada orang dan dapat disembuhkan tanpa penggunaan obat-obatan yang tentu menimbulkan efek samping. Namun perlu diingat tidak ada jaminan cara ini dapat menyembuhkan insomnia 100%, tapi tentu tidak ada salahnya untuk dicoba siapa tau insomnia anda dapat disembukan atau paling tidak dikurangi. Nah coba cocokkan beberapa penybab dibawah ini yang menyebabkan anda terjaga di malam hari.

Apakah tempat tidur anda sudah nyaman atau anda berasa tidak nyaman di tempat tidur. Jika ia maka anda dapat mencoba tempat tidur yang baru dan nyaman, silahkan cari kasur yang empuk dan nyaman untuk anda gunakan.

Apakah tempat tidur anda ribut, sehingga anda susah tidur. Jika memungkinkan silahkan pinda ke kamar yang lebih senyam, atau jika memang tidak mungkin ada dapat mencari alat peredam ruangan.

Apakah anda tidak bisa menenangkan diri saat tidur dan sering berangan-angan yang membuat anda tetap terjaga semalaman. Jika benar ada dapat melakukan terapi menenangkan diri seperti melakukan relaksasi bernafas, mengosongkan fikiran, mengingat tuhan dll.

Apakah anda  sering pergi ke kamar mandi dan buang air kecil? Jika memang terjadi maka kurangin konsumsi cafein dan alkohol yang dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil sehingga tidur anda pun terganggu.

Seringkah anda mengunakan gadget sebelum tidur. Faktanya masalah ini menjadi kasus yang paling sering terjadi pada orang yang insomnia karena disibukkan oleh gadget. Menggunakan gadget akan menurunkan kadar melatonim sehingga mengganggu kualitas tidur.

Jika anda sudah mencoba beberapa solusi diatas, maka cobalah untuk melakukan terapi lainnya seperti melakukan gerakan olah raga ringan, membaca buku, membaca komik, intinya cari hal yang menyibukkan anda dan tidak membuat anda stres akibat insomnia. Jika pirikan anda tidak stres dan anda mulai merasa lelah dengan kegiatan yang anda lakukan biasanya rasa kantuk akan datang secara otomatis. Selain hal diatas anda juga dapat mencoa untuk berolah raga secara cukup, sehingga dimalam hari anda akan merasa lelah dan mudah tertidur.

Sebenarnya insomnia itu banyak terjadi. Faktor yang sering menyebabkan insomnia adaah stres, suhu kamar, pengaruh obat-obatan, hormon, kebiasaan tidur yang salah, dan gaya hidup yang buruk. Berikut ini cara lainnya untuk menghadapi insomnia.

Tidur tepat waktu dan konsisten,janan biarkan anda terjaga sampai larut karena anda telah melewati masa ngantuk anda. Jika masa ngantuk susah lewat makan biasanya tidur pun akan lebih susah.


Jangan tidur terlalu lama diwaktu libur, karena akan menggangu tidur dihari lainnya. Faktanya banyak orang yang ingin balas dendam untuk tidur pulas di hari libur. Namun ini akan merusak jam kebiasaan tidur anda.

Lakukan olah raga teratur, Usahakan setiap hari, sehingga disaat malam anda lelah dan langsung tertidur.

Jangan makan terlalu banyak saat malam hari.

Hindari konsumsi kafein. Karena zat kafein ini dapat membuat anda terjaga dan dan susah untuk tidur.

Belajarlah untuk menenangkan fikiran, anda dapat melatihnya sendiri dengan mengosongkan fikiran. Ini akan mudah dilakukan jika anda terbiasa.

Jangan stress karena tidak bisa tidur, nyatanya semakin anda stres semakin susah pula untuk tidur.

Jangan terlalu lama tidur siang karena bisa membuat ada terjaga malam hari.

Matikan lampu kamar agar lebih nyaman, jika belum terbiasa dan terlalu gelap anda bisa coba menggunakan lampu khusus untuk tidur yang memiliki cahaya remang-remang.

Jika anda merasa insomnia sudah sangat mengganggu diri anda maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Namun sebelum konsultasi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips alami dalam mengobati insomnia diatas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »