tips menghadapi kerja yang membosankan

cara tidak bosan kerja

Bekerja tidak harus menjadi sesuatu yang menyiksa anda. Namun banyak orang yang merasa bahwa pekerjaan adalah sesuatu beban hidup yang harus dikerjakan sehingga mereka merasa benar-benar terbebani. Kenyataannya hidup ini juga merupakan pekerjaan yang kita jalani. Pilihannya ada dua, anda ingin menikmati pekerjaan yang anda lakukan, atau menjadikannya sebagai beban. Kembali ke masalah pekerjaan, memang ada beberapa penyebab orang tidak menikmati pekerjaan mereka, terlebih jika mereka tidak memiliki minat pada pekerjaannya tersebut. Selain itu terkadang ada pula pekerjaan yang telalu monoton tidak bervariasi, pengawai hanya melakukan hal yag itu-itu saya tiap harinya, sehingga pegawaipun merasa jenuh dan bosan terhadap pekerjaannya. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar anda dapat lebih menikmati pekerjaan;

Pertama jika anda merasa susah sangan jenuh pergilah liburan atau cuti sejenak. Penelitian menunjukkan bahwa pegawai yang sering mengambil cuti sementara untuk liburan secara teratur memiliki kesenagan dan produktivitas lebih dalam bekerja. Jika anda bisa mengontrol kapan anda bisa beristirahat dalam bekerja, anda bisa mengambil istirahat selama kurang lebih sepuluh menit setiap satu atau dua jam. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan beristirahat sejam saat siang hari.
Yang penting adalah ketika anda diberikan masa cuti untuk libur, maka segera gunakan masa tersebut dan jangan anda sia-siakan.

Yang kedua adalah berkenalanlah kepada rekan kerja anda. Jika anda bekerja dengan banyak orang namun tidak banyak yang anda kenal maka kegiatan kerja anda pun menjadi kurang menyenangkan. Cobalah untuk berkenalan keada orang-orang disekitar anda dan mulailah pembicaraan ringan padanya. Mejalin hubungan sosial di lingkungan kerja itu penting, selain membuat pekerjaan anda lebih menyenangkan, anda pun mudah meminta bantuan pada orang lain jika anda membutuhkannya baik dalam pekerjaan maupun masalah lainnya.

Ketiga tantanglah diri anda untuk meningkatkan kemampuan anda dalam bekerja. Ini tidak hanya membuat anda baik dalam bekerja, tetapi juga dapat membantu anda meningkatkan kualitas diari anda. Dengan meningkatkan kualitas diri bukan tidak mungkin atasan anda akan melihat kinerja anda dan memberikan jabatan kerja yang lebih tinggi.

Keempat ingat motivasi anda dalam bekerja baik itu motivasi anda untuk mendapatkan kedudukan yang tinggi, motivasi karena gaji, motivasi karena kesuksesan masa depan, dll

Kelima jika anda merasa bosan karena anda hanya bekerja di depan layar komputer dan kurang berinteraksi dengan orang lain, maka tidak ada salahnya untuk berbicara ke atasan anda dan meminta perpindahan tugas sementara ke pekerjaan yang lebih banyak melibatkan interaksi kepada orang lain, seperti, costumer service, advisor, sales, dll

Keenam, beberapa perusahaan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tingga dengan ikatan kerja tentunya, Jika memang ada anda dapat mencoba peluang ini karena selain mengatasi kejenuhan anda dalam bekerja anda pun akan mendapatkan posisi yang lebih tinggi setelah anda menyelesaikan pendidikan tersebut.

Ketujuh, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti lowongan pekerjaan lain jika memang tersedia. Kalau memang anda merasa pekerjaan saat ini kurang cocok dan tidak sesuai dengan hati nurani anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba melamar pekerjaan ke perusahaan lain. Jika anda berhasil diterima makan anda dapat mencoba pekerjaan yang lebih cocok dengan minat anda. Namun tentu anda juga harus telah menyelesaikan masa kontrak pekerjaan di perusahaan lama, jika tidak bisa saja anda akan dikenai denda khusus karena mengundurkan diri.

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba jika anda merasa mulai jenuh atau bosan dengan pekerjaan anda. Ingat sejenuh apapun anda masih banyak orang diluar sana yang tidak memiliki pekerjaan seperti yang anda miliki saat ini. Mereka sangat bangga jika dapat menjadi seorang pekerja seperti anda. Jadi sebenarnya kejenuhan adalah masalah yang sangat ringan dan mudah diatasi bagi para pekerja. Mereka yang tidak memiliki pekerjaan jauh merasa lebih jenuh karena sebagian dari mereka bahkan tidak memiliki kegiatan apapun. Jadi syukurilah pekerjaan anda dan nikmatilah
Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »