lapisan lapisan bumi beserta fungsinya

macam macam lapisan bumi

Tahunkah kamu bumi ini terdiri dari berbagai lapisan. Dimana masing-masing lapisan itu mempunyai fungsinya tersendiri terhadap bumi. Agar kita lebih paham mari kita simak uraian lengkap tentang beberapa lapisan bumi berikut ini.

Siapa yang tidak mengenal Tanah. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan semuanya membutuhkan tanah. Tahukan kamu bahwa tanah ini subur karena bumi memiliki 3 lapisan yaitu litosfer, edrosfer, dan atmosfer. litosfer merupakan lapisan pertama sesudah lapisan dalam bumi. hidrosfer merupakan lapisan air yang menutupi sebagian permukaan bumi. Kalau atmosfer merupakan lapisan udara terdiri atas berbagai macam gas yang menyelimuti bumi.

Misalnya hidrogen, berperan dalam pelapukan batuan sedangkan litosfer menyempurnakan ke bentuk tanah. Keadaan tanah mempengaruhi ketersediaan air. Keadaan tanah dan ketersediaan air berpengaruh pada makhluk hidup. Adakah manusia dan makhluk hidup lainnya dapat bertahan tanpa kehadiran air? Ya tentu saja tidak.

litosfer adalah lapisan kerak bumi atau kulit bumi yang terdiri atas batu-batuan yang keras dan tanah tempat manusia tinggal. Hidrosfer adalah bagian permukaan bumi yang ditutupi oleh air, air dibumi bersirkulasi kedalam lingkaran hidrologi dimana iar turun sebagai hujan dan mengalir ke samudra-samudra kemudian menguap kembali keatas atmosfer. Begitulah proses lingkaran hidrologi ini terus terjadi secara berulang-ulang

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. atmosfer sendiri terdiri dari lapisan-lapisan yaitu troposfer, stratofer, mesofer, termosfer.. Sifat atmosfer antaralain, memiliki masa dan tekanan dinamis dan elastis, tembus pandang terhadap semua betuk radiasi. Fungsi admosfer ini pun sangat banyak diantaranya, menyediakan oksigen, melindungi bumi dari benda-benda asing layaknya meteor, mengurangi radiasi matahari, dll.

Batuan pembentuk litosfer terdiri dari batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Batuan beku adalah batuan yang terbetuk dari magma yang membeku, nah kalau batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena pengaruh peristiwa alam, atau proses kimia atau pelapukan, batuan metamorf adalah batuan beku dan sedimen yang mengalami peningkatan tekanan atau suhu.

Nah itulah ilustrasi lapisan-lapisan bumi berserta contoh-contohnya, semoga dapat menambah ilmu kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »