Sejarah Negara Irak

4/23/2012
Irak adalah sebuah negara yang terletak di antara Arab saudi iran, dan juga turki.Ibukota dari Negara Irak adalah Baghdad. Negara Iraq juga pernah dijajah oleh pemerintahan inggris pada tanggal 3 oktober 1958,

Sama juga seperti negara negara yang lain, sebelum menjadi negara Iraq juga berbentuk kerajaan kerajaan nahh berikut sejarahnya:


Pada masa sebelum islam irak adalah kelompok akkodians, pada tahun 1894 sebelum masehi disana berdirinya dinasti babylonia. Babylonia adalah dinasti yang pertama sekali membuat aturan di dunia, sehingga bisa dikataka irak adalah tempat bermulanya peradaban dunia.


Kejayaan ini berakhir sampai mendaratnya dinasti abbasiyah di irak, dan kemudia dinasti ini menguasai Irak,
Pada masa lampau karena posisi Irak yang sangat strategis, maka di kota ini sering terjadinya pertemuan antara kebudayaan arab dan persia sehingga kota ini juga pernah dijuluki sebagai kota Intelektual dunia dimana banyak terjadi penemuan penemuan di bidang ilmu pengetahuan.

Setelah masa itu terjadi pula dimana masa penjajahan yaitu dimana pemerintahan inggris menjajah irak selama kurang lebih 11 tahun lamanya. Dan pada masa ini pula Irak yang dulunya adalah bentuk kerajaan berubah menjadi negara republik.

Karena perubahan itu maka banyak presiden presiden yang memimpin irah diantaranya Abdurahman arif, Ahmad hasan bakar, dan juga Saddam husein. Saddam husein adalah orang nomor satu di Irak, Apalagi banyak momen moment yang menggemparkan dunia seperti terjadinya perang dengan Iran yang kurang lebih selama 8 tahun, dan kemunian dalam pemerintahan Saddam irak juga sempat menjajah Kuwait yang berakibat terjadinya perang teluk. Akibat dari perang teluk Amerika menyerang Irak dengan membabi buta dan memakan korban warga irak yang tidak berdosa.

Dan seperti yang keta ketahui bersama akhirnya masa kejayaan Saddam husein berakhir pada tanggal 9 april 2003, Saddam kemudian dihukum mati, bahkan yang paling tragis adalah Amerika menemukan Saddam husein karena penghianatan dari anak buahnya sendiri.Dan sangat kita sayangkan sifat dari presiden Bush yang menyerang Irak secara membabi buta sehingga banyak korban yang tidak berdosa.

Itulah sejarah singkat dari negara Irak semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon