danau paling besar di dunia

7/28/2013
Danau adalah sebuah kumpulan air yang terakumulasi di suatu tempat dalam volume yang besar. Danau terbagi ke dalam dua jenis yaitu danau air asin dan air tawar. Ada berbagai penyebab terbentuknya danau, ada yang terbentuk karena suatu gejala alam anda juga danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Untuk menambah ilmu pengetahuan ada baiknya kita mengetahui danau  terluas di dunia.

1. Laut kaspia

Danau laut kasipa adalah danau terbesar di dunia dengan luas permukaan 371.000 km persegi. Danau ini memiliki kedalaman 964 m. Terletak diantara asia dan eropa. Laut kaspia adalah danau air asin.


2. Superior

Danau superior merupakan danau air tawar terbesar di dunia dengan luas 82.000 km persegi. Danau superior memiliki kedalaman 149 m yang berada di Amerika Utara.

3. Victoria

Danau victoria terletak di Afrika dengan luas 68.870 km persegi. Danau victoria memiliki kedalaman 58 m yang jauh lebih dangkal dibandingkan danau laut kasipia dan superior. Victoria juga tergolong ke dalam danau air tawar.




4. Aral

Danau aral berada di benua asia tepatnya di Asia tengah, danau ini memiliki luas permukaan 66.456 km persegi, tetapi saat ini danau telah menyusut dikarenakan sungai yang mengalir ke danau dialihkan ke tempat yang lain. kedalaman laut aral adalah 48 m tergolong dangkal dibandingkan danau lainnya. Danau aral adalah danau yang berisikan air asin.



5. Huron

Danau Huron terletak di daratan Amerika. Danau ini memiliki luas permukaan sebesar 59.595 km persegi. Memiliki kedalaman 281 m. Danau ini berisikan air tawar

Nah itulah beberapa danau paling luas di dunia. Sangat banyak hasil alam yang dapat kita peroleh dari danau baik itu ikan, udang, kepiting bahkan beberapa spesies langka yang tidak dapat kita temukan di tempat lainnya. Sehingga kita wajib menjaga dan melestarikan danau agar tidak kotor tercemar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon